Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suami Istri Kompak Memodifikasi Daihatsu Ayla M 2014 Jadi Ekstrem. Begini Ubahannya

Parwata - Jumat, 8 September 2017 | 22:40 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Mulai dari modifikasi ringan, hingga akhirnya bergaya ekstrem ala maskot komunitas Dimensi Daihatsu Ayla yang kompak dan performa mesin yang gesit, membuat Widyo dan sang istri jatuh hati.
 
Terlebih Widyo sedang mencari mobil untuk sang istri, yang butuh mobil harian untuk mengantarkan anak dan keperluan lainnya. Sehingga, keputusannya pun sudah bulat untuk membawa Ayla tipe M bertransmisi otomatis ini ke garasi rumahnya.
No caption
No credit
No caption
Namun Rifki tak ingin Ayla milik istrinya ini tampil biasa saja. Pasangan yang sudah dikaruniai 2 putri ini memang kompak dalam men-tuning Ayla. Awalnya, hanya ingin modifikasi ringan. ”Tapi kelamaan malah makin keasyikan, terlebih setelah dikomporin teman-teman sekomunitas,” ujar anggota komunitas Daihatsu Ayla Indonesia (DAI) ini.
No caption
No credit
No caption
Kini, Ayla milik pemukim di kawasan Bekasi, Jawa Barat ini, tampil ekstrem. Hampir semua sektor digarapnya dengan maksimal. Tak heran jika teman-teman sekomunitas DAI kerap mengandalkannya sebagai maskot klub mulai dari ajang gathering hingga kontes modifikasi.
 
Bahkan Widyo bela-belain datang ke Bali demi mengikuti ajang IAM MBtech Indonesia Auto Modified. Penasaran dengan modifikasi yang dilakukan Widyo pada Daihatsu Ayla milinya? Yuk simak detailnya berikut ini.
 
No caption
No credit
No caption
Body Kit
Pada bagian eksterior, Widyo berusaha menampilkan sosok Ayla yang lebih agresif dan ekstrim.  Sehingga, aplikasi custom body kit dipilih dengan desain yang diperhatikan dengan detail olehnya. ”Tarikan desainnya memang saya buat lebih tajam dengan penambahan air scoop lebih besar,” ujarnya. 
 
Tak hanya pada bagian wajah, sosok agresif juga terwakilkan mulai dari pemilihan side skirt hingga rear diffuser dan rear wing. Sehingga karakter Ayla sebagai mobil kompak pun berubah menjadi lebih padat berisi. 
 
Selain itu, pada bagian wajah juga menjadi lebih keren dengan aplikasi lampu depan custom lengkap dengan angel eyes dan LED barnya. Pada lampu belakang, Widyo hanya menggantinya dengan versi aftermarket yang sudah menggunakan LED.
No caption
No credit
No caption

Cutting Sticker

Penyematan grafis di body menggunakan cutting sticker, dipilih agar tampilan eksterior tak terlalu polos. Selain itu, Widyo juga ingin mengkombinasikan tema manga ala Jepang. 

Hal tersebut terlihat dari desain sticker yang terinspirasi dari gambar matahari plus huruf kanji yang komikal. Widyo sendiri menggunakan kombinasi sticker dari Oracal warna merah dan hitam untuk bagian samping dan belakang.
No caption
No credit
No caption
Pintu Gunting
Agar lebih menarik perhatian, Widyo juga mengaplikasi scissor door kit untuk dipasangkan pada kedua pintu depan Daihatsu Ayla. Semua kit dibuat custom dengan mempertimbangkan dimensi dan engsel pintu Daihatsu Ayla. 
 
Sementara pintu belakang dipasangin pneumatic custom, yang dibuat dengan menggunakan sinyal remote dan mekanisme central lock. “Jadi saat central lock-nya aktif, ada engsel yang keluar untuk membuka pintu belakang,” ujarnya.
No caption
No credit
No caption
Kaki-Kaki Kekar
Setelah bagian eksterior rampung, Widyo kini memutar otak untuk memaksimalkan kaki-kaki Daihatsu Ayla. Bagian per dan sokbreker menggunakan versi custom demi mereduksi ketinggian. Sayang, Widyo lupa mengenai detailnya. 
 
Tapi untuk pelek, doi pakai produk AP Speed ukuran 16x7 inci dan 17x(8+9,5) inci, yang dibalut ban Toyo DRB 195/50-R16, sehingga makin kelihatan keren fitment-nya. Ditambah, pemakaian strutbar keluaran Ultra Racing, yang dicustom ulang agar pas untuk Daihatsu Ayla. Jadi terlihat lebih kekar kan? 
Audio
Sebagai otak dari suguhan entertainment di dalam kabin, head unit menggunakan Pioneer AVH-1750. Sementara speaker depan mengandalkan 3-way system keluaran Cello Performance Pro3, yang dipasangkan dengan melakukan customize pilar A dan B. 
 
Urusan gebukan bass, menggunakan dua buah subwoofer Cello 8 inci yang dipilih dengan alasan tidak memakan tempat di bagasi. Masih ada empat buah speaker Venom demi menghantarkan kualitas suara ala SPL yang menggelegar. (Otomotifnet.com/Tom)
 
Plus: Lebih ekstrim khas mobil kontes
Minus: Kurang nyaman untuk harian
 
Data Modifikasi
Eksterior: Custom body kit, custom scissor door kit, custom headlamp dan rearlamp dengan LED, custom cutting sticker Oracal.
Kaki-kaki: Custom sokbreker dan per velg Velg AP Speed 16x7 inci 17x(8+9,5) inci, ban Toyo DRB 195/50R16, strut bar Ultra Racing.
Audio:Head unit Pioneer AVH-1750, speaker 3-way Cello, subwoofer Cello 8 inci, speaker belakang Venom.
 
 
 
 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa