Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Geger, Bikin SIM Pakai Suap Nyelipin Rp 50 Ribu, Polisi Enggak Terima

Taufan Rizaldy Putra - Sabtu, 17 Maret 2018 | 11:35 WIB
Pemohon SIM yang sedang membuat surat pernyataan
Sugiyono/Surya
Pemohon SIM yang sedang membuat surat pernyataan

Otomotifnet.com -Seorang oknum pemohon surat izin mengemudi (SIM) diduga melakukan suap saat sedang ujian praktik mengemudikan motor di Gresik, Jawa Timur.

Petugas polisi yang merasa sedang disuap tersebut pun tak menerima bujukan oknum tersebut untuk meluluskannya.

Polres Gresik pun mengembalikan uang dugaan suap terhadap petugas Satlantas mengawasi ujian pengurusan surat izin mengemudi (SIM).

Pemberi suap diminta membuat pernyataan agar tidak mengulangi lagi dan diminta sampai lolos ujian praktik SIM.

(BACA JUGA: Miris, Ban Cacing Makan Korban, Biker Tewas di Tempat)

Kasat lantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto mengatakan kronologi FM (48), warga Desa Bungah Kecamatan Bungah, seorang oknum pemohon SIM yang mencoba menyuap petugas yang saat itu dijaga oleh Aiptu Zailani.

"FM ini akan melaksanakan ujian ulang praktik SIM C di Satpas Satlantas Polres Gresik. Pada saat itu langsung menemui Aiptu Zaelani dengan menyerahkan kertas tanda kembali ujian praktik SIM dan foto copy KTP, sambil berbicara kepada Aiptu Zaelani bahwa akan melaksanakan ujian praktek ulang," kata Wikha, Jumat (16/3/2018).

Lebih lanjut, Wikha mengatakan bahwa oknum masyarakat tersebut menyerahkan kertas tanda kembali ujian SIM dengan menyelipkan uang Rp 50.000.

"Setelah ditanya, yang bersangkutan FM mengakui mau meminta tolong agar diluluskan. Namun, pada saat itu juga Aiptu Zaelani menolak dan langsung melaporkan kepada piket provost Bripka Chistopher Ariel," imbuhnya.

(BACA JUGA: Terkucilkan, Puluhan Motor Terpakir Penuh Debu, Bikin Penasaran Dosa Apa Mereka)

Setelah oknum tersebut dipanggil, akhirnya diminta membuat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan tersebut.

"Bersangkutan juga kami minta untuk tetap mengikuti praktik ujian SIM sampai lulus," kata Wikha mantan Kasatlantas Polres Mojokerto.

Sementara FM membuat surat pernyataan bahwa uang Rp 50.000 itu bukan bermaksud untuk menyuap petugas Satlantas Polres Gresik.

"Saat mengambil kartu ujian SIM, uang Rp 50.000 itu jatuh. Dengan tidak sengaja terselip dalam kartu itu. Kemudian saya ditegur," kata Wikha membacakan singkat isi pernyataan oknum tersebut.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Pemohon SIM Diduga Suap Polisi, Uang Dikembalikan, Pemohon Diminta Buat Surat Pernyataan Tak Ulangi

Editor : Taufan Rizaldy Putra
Sumber : Surya.co.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa