Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Walikota Di Sini Malah Senang, Pegawai Negeri Mudik Pakai Mobil Dinas

Joni Lono Mulia - Rabu, 30 Mei 2018 | 19:20 WIB
Kendaraan dinas operasional ASN terparkir di Balai Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah
Kompas.com/Labib Zamani
Kendaraan dinas operasional ASN terparkir di Balai Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah

Otomotifnet.com - Dia adalah pemimpin daerah yang mendukung pegawai negeri mudik pakai mobil dinas.

Dia adalah Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengaku akan lebih nyaman apabila kendaraan dinas operasional boleh dibawa pulang untuk mudik Lebaran oleh Aparatur Sipil Negara (ASN).

Meskipun demikian, pihaknya tetap akan mengikuti kebijakan dari pemerintah pusat terhadap penggunaan kendaraan dinas operasional itu.

(BACA JUGA: Ternyata, Pemuda Yang Acungkan Pedang Di Bandung Anggota XTC Tingkat Kecamatan, Pengurusnya Sampe Pusing Nyariin)

"Kalau yang di pusat memperbolehkan, ya kita ngikut yang di pusat. Kalau pusat tidak memperbolehkan, ya enggak perlu dibawa," terang Rudy, sapaan akrab Rudyatmo, di Solo, Jawa Tengah, (29/5/2018).

Rudy mengungkapkan, kenyamanan yang dimaksudkan itu adalah apabila kendaraan dinas dibawa ASN maka Pemkot Surakarta tidak kesulitan merawat kendaraan yang jumlahnya mencapai ribuan unit itu.

Pertimbangan lainnya karena tempat untuk mengapelkan kendaraan dinas di balai kota selama cuti libur Lebaran sudah tidak ada dan libur cuti Lebaran yang cukup panjang.

(BACA JUGA: Nissan Terra Ada 3 Varian Di Filipina, Yang Termahal Ada Pilihan 4x4)

"Pertimbangan saya ketika diapelkan di balai kota enggak ada tempatnya sekarang. Karena sudah lebih banyak. Ada ribuan jumlah kendaraan, belum mobilnya," ungkap dia.

Rudy menjelaskan, jika boleh dibawa pulang maka apabila terjadi sesuatu terhadap kendaraan dinas itu maka yang bertanggung jawab adalah ASN yang membawa.
Misal terjadi kerusakan terhadap kendaraan maupun kehilangan dan lainnya.

(BACA JUGA: Biker Apa Ikan Cupang, Liat Lambang Geng Motor Lain, Langsung Terpancing Menyerang)

"Tentunya BBM (bahan bakar minyak) dan lain sebagainya tanggung jawab yang membawa. Dari segi keamanan kendaraan itu sendiri tanggung jawab yang membawa," imbuhnya.

Rudy mengungkapkan masih akan membicarakan terkait penggunaan kendaraan dinas operasional tersebut dengan Sekda Kota Surakarta.

"Saya hanya dikebijakan aja, menurut saya lebih baik dibawa pulang. Dengan catatan semua bertanggung jawab. Rusak, hilang tanggung jawab yang bawa," tegas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wali Kota Surakarta Lebih Senang Jika ASN Mudik Pakai Kendaraan Dinas"

Editor : Joni Lono Mulia

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa