Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Program Kendaraan Listrik Digenjot, Gaikindo: Jangan Sampai Jutaan Pekerja Terancam PHK

Ignatius Ferdian - Sabtu, 24 Agustus 2019 | 20:15 WIB
Ilustrasi pabrik Toyota
Hellotravel.com
Ilustrasi pabrik Toyota

Otomotifnet.com - Program pemerintah mengenai percepatan kendaraan bermotor listrik diproyeksi bakal menyingkirkan sebagian pelaku industri otomotif Tanah Air.

Karena kendaraan listrik hanya membutuhkan lebih sedikit komponen dan berbeda jenis dibandingkan kendaraan dengan internal combustion engine (ICE) yang beredar saat ini.

Hal itu diungkapkan oleh Yohannes Nangoi, selaku Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Kami mempekerjakan lebih dari tiga juta pekerja dan menghasilkan devisa. Karena kami mengekspor dan kami juga mengurangi impor hingga cuma 90 ribu (per tahun), karena bisa memproduksi mobil di dalam negeri," kata pria yang akrab disapa Nangoi ini (23/8/2019).

(Baca Juga: Perpres Kendaraan Listrik Disahkan, 30 Bus Listrik Segera Sliweran di Jalanan Jakarta)

"Jangan sampai suatu saat kami mem-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) semua orang, terus kami harus mengimpor 100 persen mobil semuanya," imbuhnya saat berada di acara diskusi bertajuk 'Kendaraan Listrik Sebagai Solusi Polusi Udara dan Pengurangan Penggunaan BBM' yang dihelat Kompas, Jakarta.

Lebih lanjut, Nangoi juga menjelaskan akan sangat berbahaya jika nantinya Indonesia tidak bisa memproduksi kendaraan sendiri di masa depan, dan malah menjadi ladang bagi produk-produk impor.

Maka dari itu, pihaknya sangat berhati-hati dan terus melakukan negosiasi dengan para pelaku industri otomotif di Tanah Air.

"Ini akan menjadi tidak bagus buat kita, ini yang kami pertahankan," papar Nangoi lagi.

(Baca Juga: Taksi Listrik Blue Bird Habiskan Biaya Segini Sekali Tempuh Jarak 300 Km!)

"Jadi saat ini kami sedang menyikapi dengan hati-hati dan kami juga akan melakukan negosiasi dengan APM, dengan prinsipal negara masing-masing untuk bisa membangun industrinya di Indonesia dengan adanya insentif dari pemerintah. Kira-kira itu," tutupnya.

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa