Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setir Getar Saat Ganti Pelek Aftermarket? Jangan Lupa Pakai Cincin Ini

Rendy Surya - Kamis, 11 Juni 2020 | 21:15 WIB
Center hub ring
Rendy/Otomotifnet
Center hub ring

Otomotifnet.com - Salah satu hal sepele namun penting untuk keamanan saat mengganti pelek bawaan dengan pelek aftermarket adalah aplikasi center ring.

Sekadar info, pelek bawaan mobil sudah dihitung secara presisi oleh pabrikan, salah satunya membuat lubang di bagian tengah velg (center bore) sesuai dengan tonjolan hub di poros mobil.

Jadinya saat terpasang, pelek standar akan duduk secara presisi di hub sehingga beban pelek tak ditanggung oleh baut dan mur pengikat roda.

“Beda dengan pelek standar, center bore pelek aftermarket ukurannya lebih besar, agar bisa digunakan di berbagai mobil,” terang Yopi dari gerai pelek SM Motorsport Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga: Renault Triber Kekinian, Pakai Pelek Rotiform, Atap Pasang Cross Bar

Center hub ring
Rendy/Otomotifnet
Center hub ring

Efeknya, pada beberapa mobil, terjadi celah antara center bore dan hub membuat pelek tak dapat duduk dengan presisi, sehingga beban pelek harus ditanggung oleh kekuatan baut dan mur.

Saat beban pelek ditanggung hanya oleh kekuatan baut dan mur, ada efeknya, “Setir kadang bergetar, apalagi saat di kecepatan tinggi,” jelas Yopi.

Solusinya, “Ya, mesti ditambahkan center ring, agar pelek duduk dengan sempurna, maksudnya center ring berfungsi sebagai pengisi gap antara center hole pelek dan tonjolan hub roda sehingga baut dan mur tidak menanggung semua bobot pelek,” jelas Yopi lagi.

Center ring biasanya terbuat aluminium alloy dengan pertimbangan bobotnya yang ringan dan kekuatannya cukup memadai.

 

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa