Kijang Innova Sampai Xpander Ditawarkan, Unit Disebut Siap, Ajang Penipuan Berkedok Lelang

M. Adam Samudra,Ignatius Ferdian - Selasa, 28 Juli 2020 | 15:45 WIB
Ilustrasi tempat lelang mobil
kompas.com
Ilustrasi tempat lelang mobil

Otomotifnet.com - Semakin majunya teknologi jadi salah satu peluang pelaku kejahatan siber melancarkan aksinya, seperti contohnya penawaran lelang mobil ini.

Hal itu sempat dirasakan oleh Heri Kuswanto, ia mengaku namanya telah menjadi korban pencatutan pelaku untuk menipu saudaranya atas nama Teodorus Herutomo.

"Jadi ada saudara saya yang memberi tahu bahwa dirinya sedang ditipu dengan modus lelang mobil dari salah satu dealer yang sedang mengalami kebangkrutan. Modusnya pun melalui pesan Whatsapp yang menggunakan foto profil saya yang dia ambil dari Facebook," kata Heru saat dihubungi (27/7/2020).

"Beruntungnya saudara saya mengkonfirmasi terlebih dahulu, sehingga tidak menjadi korban penipuan oleh pihak yang tak bertanggung jawab," sambungnya.

Kijang Innova Bikin Geger Seisi Kapal, Pria dan Wanita Tewas di Kabin Posisi Telanjang

Hasil percakapan penipu lelang mobil
Screen shoot Whatsapp Teodorus Herutomo
Hasil percakapan penipu lelang mobil


Sebelumnya, dalam isi pesan tersebut pelaku mencoba meyakinkan korban dengan berpura-pura menanyakan kabar hingga berdalih mengganti nomor handphone.

Setelah berhasil meyakinkan korban, pelaku mulai menawarkan info mengenai lelang mobil dari hasil sitaan dealer yang telah alami kebangkrutan.

Modus penipuannya pun termasuk unik, yakni dengan mengirimkan price list lelang mobil mengatasnamakan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan Lelang.

Dalam tabel tersebut terlihat beberapa merek dan jenis mobil yang ditawarkan oleh pelaku mulai dari Mitsubishi Xpander sampai dengan Toyota Kijang Innova.

Daihatsu Luxio Terekam CCTV, Dua Orang Gotong Drum Minyak, Pelat Nomor Asal Slawi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa