Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kado Pertamina HUT RI, Biodiesel D100 Diapresiasi Presiden Jokowi

Harryt MR - Minggu, 16 Agustus 2020 | 19:30 WIB
Pembuatan D100 akan menyerap minimal 1 juta ton sawit produksi petani per harinya
Pertamina
Pembuatan D100 akan menyerap minimal 1 juta ton sawit produksi petani per harinya

Otomotifnet.com - PT Pertamina berhasil melakukan uji coba produksi biodisel D100 sebesar 1.000 barel per hari di Kilang Dumai, Riau, pada Juli lalu.

Produksi D100 menggunakan bahan baku 100% minyak sawit tersebut diklaim menjadi kado Pertamina menjelang HUT RI Ke-75 pada 17 Agustus 2020.

Hal ini diapresiasi Presiden Joko Widodo, yang menyampaikan dalam pidato kenegaraan (15/08/2020), bahwa upaya besar telah dan sedang dilakukan dalam membangun kemandirian energi.

"Tahun 2019, kita sudah berhasil memproduksi B20, dan tahun ini (2020) sudah mulai B30, sehingga bisa menekan impor minyak," papar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Hasil Uji 200 Km, Biodiesel D100 Diklaim Punya Performa Lebih Baik

Presiden juga mengapresiasi Pertamina yang telah bekerja sama dengan para peneliti ITB untuk memproduksi katalis merah putih, sebagai komponen utama dalam pembuatan D100 yang akan menyerap minimal 1 juta ton sawit produksi petani per harinya.

“Hilirisasi bahan mentah yang lain juga terus dilakukan secara besar-besaran. Batu bara diolah menjadi metanol dan gas dan beberapa kilang dibangun untuk mengolah minyak mentah menjadi minyak jadi,”

“Dan sekaligus menjadi penggerak industri petrokimia yang memasok produk industri hilir bernilai tambah tinggi," imbuhnya lagi.

Menurut Presiden, hal ini akan memperbaiki defisit transaksi berjalan, meningkatkan peluang lapangan kerja, dan mulai mengurangi dominasi energi fosil.

Editor : Toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa