Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Otomotifnet dengan Yamaha


Digital Custom Yamaha Generasi 125

Berencana Modif Motor Matik Kesayangan? Ini 4 Rekomendasi Modifikasi yang Bisa Diterapkan

Nana Triana - Kamis, 27 Agustus 2020 | 08:51 WIB
Ilustrasu modifikasi airbrush pada body motor
Rianto Prasetyo
Ilustrasu modifikasi airbrush pada body motor

Otomotifnet.com - Membicarakan soal kreasi modifikasi motor di Tanah Air memang seakan tidak ada habisnya. Sebab, para modifikator selalu memiliki ide-ide kreatif dan inovatif untuk mengubah tampilan motor kesayangannya menjadi lebih segar.

Modifikasi motor matik menjadi salah satu segmen yang digandrungi. banyak pemiliknya terdorong untuk melakukan ubahan agar motornya punya ciri khas. Menariknya pilihan konsep yang bisa diterapkan pun cukup beragam sehingga bisa disesuaikan dengan selera.

Selain mempertimbangkan tampilan ada banyak pertimbangan yang dilakukan saat memodifikasi. Salah satunya adalah fungsi kenyamanan dan keamanan. Motor yang dimodifikasi juga harus nyaman ketika akan digunakan sehari-hari. 

Selain itu, mempertahankan unsur keamanan jangan sampai modifikasi yang dilakukan membahayakan diri Anda dan pengguna jalan lainnya.

Baca Juga: Yamaha NMAX Menarik Perhatian, Jadi Baby XMAX, Serba Motorized

Nah, bagi Anda yang saat ini memiliki motor matik dan berencana untuk melakukan modifikasi berikut ini ada beberapa konsep modifikasi yang bisa menjadi referensi Anda dalam memodifikasi motor matik kesayangan Anda.

1. Modifikasi airbrush

Tren modifikasi warna memang tak akan lekang oleh waktu. Meski sudah mewabah sejak puluhan tahun lalu, tetapi modifikasi warna tetap menjadi salah satu pilihan salah satunya dengan cara airbrush.

Airbrush merupakan teknik seni rupa yang menggunakan tekanan udara untuk menyemprotkan cat atau pewarna pada bidang kerja. Sehingga bodi motor Anda dijadikan kanvas untuk diberikan warna, garis, atau gambar tertentu. Misalnya, gambar karakter kartun ataupun karakter lainnya sesuai permintaan Anda.

Maka Dari itu, modifikasi juga sering disebut seni karena memang modifikasi memerlukan kreativitas dan jiwa seni yang tinggi. Melansir dari Motorplus-Online.com, biaya modifikasi dengan teknik airbrush biasanya berkisar antara Rp 1 jutaan hingga 2 jutaan. Bahkan untuk modifikator terkenal bisa mencapai Rp 5 jutaan.

Baca Juga: Yamaha Fino Tampil Kekar, Pakai Buntut Cafe Racer, Kaki-kaki Dibuat Berisi

2. Modifikasi baby look

Salah satu aliran modifikasi yang saat ini banyak digandrungi oleh anak muda adalah model baby look. modifikasi ini membuat sepeda motor menjadi terlihat lebih bantat dengan fokus mengubah ukuran ban, striping, dan knalpot. Modifikasi jenis ini ban digunakan dengan tapak lebar namun tingginya jauh lebih pendek.

Selain itu, biasanya babylook menggunakan knalpot Tsukigi yang memiliki desain mirip knalpot original, namun sejatinya merupakan knalpot aftermarket. Selebihnya, aksesoris yang digunakan kembali ke selera Anda.

3. Modifikasi racing look

Modifikasi ini membuat tampilan motor terlihat begitu sporty dan elegan. Selain itu, modifikasi racing look lebih mengedepankan fungsi untuk pemakaian sehari-hari. Biasanya, pemilik menggunakan part bertema racing, mulai dari ban, shockbreaker, pelek, hingga knalpot untuk motor matik kesayangannya.

Mulai dari menggunakan ban dengan karakter soft compound, selanjutnya untuk shockbreaker sebagian orang memilih menggunakan shock aftermarket yang bisa diatur kekerasan rebound. Demi meningkatkan performa biasanya modifikator menggunakan knalpot racing.

Baca Juga: Yamaha Aerox 155 Racing Look Bertabur Part Thailand, tapi Motif Aparel

4. Modifikasi decal

Modifikasi yang satu ini cukup mudah untuk diterapkan, pada dasarnya modifikasi decal merupakan mengubah corak striping bawaan motor dengan desain grafis seperti stiker. Temanya pun cukup beragam sesuai selera, bisa dari anime, tulisan, dan sebagainya.

Adapun proses pengerjaanya tergantung dari tingkat kesulitan desain yang diinginkan. Nah, untuk pemasangan sendiri bisa dilakukan dengan cukup singkat tergantung seberapa profesional orang mengerjakannya. Biasanya bisa dilakukan dalam kurun waktu 1 hingga 2 jam saja.

Modifikasi jenis ini pun tergolong sangat terjangkau karena dimulai dari Rp 175 ribu sampai 1 jutaan tergantung desain, bahan, dan besar body motor kamu ingin modifikasi.

Bahkan, bisa jauh lebih murah lagi jika kamu sudah membawa desain sendiri dari rumah. Sehingga saat datang ke tempat decal kamu tinggal menunggu printing dan pemasangan.

Baca Juga: Yamaha NMAX Tampil Mewah, Dijamah Aksesoris dan Kaki-kaki Mahal

Nah, bagi kamu yang saat ini hobi membuat konsep modifikasi digital, ada kabar menggembirakan karena PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berkolaborasi dengan GridOto.com menggelar digital modifikasi bertajuk Yamaha Digital Custom Generasi 125.

Kontes tersebut digelar untuk mewadahi para pecinta digital modifikasi agar bisa berkreasi menuangkan ide dan imajinasinya pada 4 motor matik Yamaha di line-up 125cc, seperti Yamaha Freego, Yamaha Fino, Yamaha Mio Series, dan Yamaha X-ride.

Kompetisi ini sendiri terbuka untuk umum, sehingga semua kalangan bisa berkontribusi pada ajang garapan PT YIMM yang didukung oleh seluruh main dealer Yamaha.

Kompetisi ini sendiri dimulai dari tanggal 19 Agustus sampai 30 September 2020. Karena ini merupakan ajang nasional penyelenggara akan menjadi 3 regional berdasarkan sistem pemetaan waktu.

Baca Juga: Modifikasi Yamaha Mio Adventure, Jadi Suka Main Tanah!

Nantinya, dari masing-masing regional akan terpilih 4 orang yang akan masuk ke tahap penjurian, jadi akan ada 12 orang terpilih yang akan mengikuti putaran final.

Di babak final, ke 12 peserta akan mempresentasikan hasil desain dari karya dibuat melalui video conference Zoom di depan para juri perwakilan dari Yamaha Indonesia dan GridOto.com.

Selain itu, 12 orang yang terpilih juga berhak mendapatkan uang tunai sebesar 750 ribu ditambah T-shirt Yamaha yang akan dipakai ketika tahap presentasi. Puncaknya, 1 orang yang berhasil meraih predikat best of the best berhak memenangkan satu unit Yamaha Freego.

Untuk itu, yuk ikuti event Yamaha Digital Custom Generasi 125 dengan klik laman berikut ini. dan kemudian Anda bisa mengunduh tautan berisi template motor yang akan menjadi kanvas sebagai tempat menuangkan ide kreasinya.

Selain bisa meningkatkan kreatifitas dengan adanya kompetisi ini juga bisa membuka peluang bagi Anda untuk mendapatkan satu unit motor matik Yamaha Freego.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa