Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Cisumdawu Mulai Konstruksi Oktober 2020, Terbagi Enam Seksi

Irsyaad Wijaya - Jumat, 4 September 2020 | 14:00 WIB
Proyek Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan)
Dokumentasi Kementerian PUPR
Proyek Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan)

Otomotifnet.com - Proyek tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan mulai proses pengerjaan konstruksi pada Oktober 2020.

Informasi ini didapat usai tinjauan dari Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Ayodhia G.L. Kalake, (3/9/20).

Ia menjelaskan, untuk Seksi 1 Cileunyi-Rancakalong telah dilakukan mediasi terkait pembebasan 18 bidang lahan milik dengan PT Catur Kartika Jaya (CKJ) pada 25 Agustus 2020.

"Tahapan konstruksi akan dimulai paling lambat awal Oktober 2020 untuk memenuhi target penyelesaian konstruksi pada November 2021," ujarnya melalui keterangan tertulis, (3/9/20).

Baca Juga: Tol Cisumdawu Lewati 4 Bangunan SD, Terpaksa Dirobohkan, Diganti Gedung Baru

Proyek Tol Cisumdawu
Dokumentasi Kementerian PUPR

Ia juga menjelaskan, masih terdapat sisa lahan milik masyarakat yang belum dibebaskan dan tersebar di Desa Cibeusi, Cilayung, Mekarsari, Sukarapih, Margaluyu dan Pasigaran.

Ayodhia berharap dilakukan percepatan penyusunan peraturan turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2020, terkait petunjuk teknis (juknis) mekanisme pembayaran langsung dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Pasalnya, kata Ayodhia, Kantor Pertanahan Kabupaten Sumedang menyatakan keberatannya terhadap legalisasi berkas persyaratan dari pembayaran langsung.

Sementara untuk Seksi 2 Rancakalong-Sumedang, Ia mengatakan telah dilakukan revisi penetapan lokasi (penlok) yang diterbitkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa