Tol Bandung-Cilacap Suguhkan Pemandangan Gunung Galunggung dan Waduk Leuwi

Irsyaad Wijaya - Sabtu, 18 Januari 2020 | 14:25 WIB
Pembangunan Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap
Gani Kurniawan/TribunJabar.id
Pembangunan Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap

Otomotifnet.com - Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap akan mulai dibangun pada 2021 dan targetnya selesai di 2024 mendatang.

Tol sepanjang 206 kilometer ini bakal menghubungkan provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah via jalur selatan yang syarat pemandangan eksotis.

Pemandangan alam yang tersaji selama melintas di tol Bandung-Cilacap ini mulai Gunung Galunggung hingga bendungan megah Leuwi di perbatasan kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis.

"Jalurnya sudah fix ke wilayah Selatan yakni, Gedebage, Garut Kota, Salawu, Singaparna dan Kota Tasikmalaya Selatan tembus ke Cimaragas Ciamis," tutur Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Muslim, (17/1/20).

"Pemandangannya nanti akan indah terlihat Gunung Galunggung, Gunung Sawal, Gunung Guntur dan Bendungan Leuwi Keris di Tasikmalaya dan Ciamis," ucapnya.

(Baca Juga: Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap Ganti Rute, Pemerintah Minta Lewati Kota Garut!)

Gunung Galunggung.
IPA Edukasi
Gunung Galunggung.

Waduk Leuwi Keris

Setelah melewati kota Tasikmalaya bagian selatan selanjutnya tembus ke wilayah Cimaragas, Ciamis, yang saat ini sedang dibangun Waduk Leuwi Keris sesuai dengan prioritas Presiden Joko Widodo.

Pembangunan waduk sendiri diprediksi sesuai target akan selesai pada akhir tahun 2021.

"Ya, dari Kota Tasikmalaya langsung ke wilayah Cimaragas Ciamis. Di sana sekarang ada pembangunan waduk," tambahnya.

Kota Tasikmalaya sendiri, lanjut Muslim, saat ini sedang mengerjakan berbagai ruas jalan penopang jalan tol terutama di daerah Kecamatan Cibeureum yang nantinya akan ada gerbang tol untuk kota Tasikmalaya.

Editor : Panji Nugraha

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa