Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Radiator Tadinya Pakai Air Biasa, Haram Diganti Coolant Jika Tidak Lakukan Langkah Ini!

Andhika Arthawijaya - Minggu, 13 September 2020 | 22:30 WIB
Bila mendapati kepala atau tutup radiator berkarat, urungkan niat menggantinya pakai coolant atau kuras pakai engine flush
Dok. OTOMOTIF
Bila mendapati kepala atau tutup radiator berkarat, urungkan niat menggantinya pakai coolant atau kuras pakai engine flush

Otomotifnet.com – Sistem pendinginan mesin, yaitu radiator pada mobil modern, sangat dianjurkan menggunakan radiator coolant, bukan air biasa.

Sebab, pada mesin mobil modern umumnya sudah menganut high compression engine, yang menyebabkan suhu mesin lebih tinggi disbanding mobil-mobil keluaran dulu.

Selain itu, air biasa cenderung akan mempercepat terjadinya karat pada komponen berbahan logam pada saluran radiator.

Nah, bila kasusnya kita beli mobil bekas yang tadinya menggunakan air biasa pada radiatornya, apakah boleh langsung diganti pakai coolant?

Baca Juga: Radiator Mobil Modern Haram Pakai Air Biasa, Ini Penjelasannya!

“Tidak boleh, karena hukumnya haram. Sebab pemakaian air biasa akan menyebabkan pipe water inlet dari water pump berkarat,” wanti Sumarno, punggawa Masmun Sukses Motor dalam akun Instagram @masmun.sukses.motor.

Hal senada juga pernah disampaikan oleh Stanley Tjhie, Business Opportunity Development PT Laris Chandra, distributor coolant merek Prestone di Indonesia.

“Lihat dulu kalau tanda karat di bibir tutup radiatornya, sebaiknya jangan langsung ganti coolant, apalagi pakai radiator flush. Takutnya radiatornya nanti malah bocor,” bilang Stanley beberapa waktu lalu pada Otomotifnet.com.

Soalnya, radiator coolant mengandung additive yang bisa merontokkan karat.

Ilustrasi pipe inlet water pump berkarat akibat pemakaian air biasa pada radaitor
Masmun Sukses Motor
Ilustrasi pipe inlet water pump berkarat akibat pemakaian air biasa pada radaitor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa