Auto2000 Kasih Tips Aman Mengemudi di Sekitar Truk, Jaga Jarak Aman

Harryt MR - Kamis, 3 Desember 2020 | 16:25 WIB
(Ilustrasi) Viral video kecelakaan saat menyalip sebuah truk
Facebook.com/Reza rizki
(Ilustrasi) Viral video kecelakaan saat menyalip sebuah truk

Otomotifnet.com - Kewaspadaan untuk selalu menjaga jarak ketika mengemudi di sekitar truk mutlak dilakukan. Mengingat karakter truk yang membuatnya memiliki banyak keterbatasan.

Dimensi truk yang besar membuatnya tidak bisa tergesa-gesa dan butuh ruang gerak yang luas ketika bergerak. Selain itu, posisi duduk pengemudi truk yang tinggi dan adanya blind spot.

Yakni pandangan ke belakang yang terhalang bodi membuat sopir truk memiliki blind spot, atau area di sekitar kendaraan yang tidak terpantau oleh mata pengemudi.

Belum lagi soal bobot truk, apalagi bila dipenuhi muatan, sangat besar sehingga tidak mudah baginya untuk melakukan pengereman darurat.

Nah berikut ini enam tips aman mengemudi di sekitar truk, yang disampaikan oleh Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000.

Baca Juga: Intip Ciri-Ciri Ban Mobil Harus Diganti, Perhatikan Tanda Berikut Ini

“Hati-hati bila berkendara terutama bila berdekatan dengan truk dan pastikan kendaraan kita kondisinya prima guna menjaga segala kemungkinan.

“Auto2000 menggelar Auto2000 Digiroom Servicetival dengan benefit yang bisa dipilih sendiri, segera booking service di Auto2000 Digiroom,” ucap Ricky (2/12/2020).

1. Jaga Jarak Aman

Jangan mengikuti truk terlalu dekat karena mobil anda tidak terlihat oleh sopirnya. Selain itu, karena terlalu dekat membuat Anda tidak memiliki ruang cukup untuk mengintip jalur dari arah berlawanan akibat tertutup bodi truk.

Jaga jarak aman membuat Anda bisa mengantisipasi pergerakan truk, seperti bila tetiba truk tersebut mengerem mendadak atau tidak kuat menanjak.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa