Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Industri Bus di Indonesia Dihajar Pandemi Covid-19, Kemenperin Sebut Masih Ada Hasil Positif

Ignatius Ferdian,Harun Rasyid - Jumat, 5 Februari 2021 | 22:40 WIB
Ilustrasi Bus
Firman Suryaman / Tribun Jabar
Ilustrasi Bus

Otomotifnet.com - Industri bus kena dampak besar saat pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia di tahun 2020 lalu.

Selain itu, kebijakan pemerintah dalam transportasi umum di masa pandemi seperti penyetopan operasi bus sementara, imbauan larangan mudik hingga penerapan protokol kesehatan, membuat minat para pengguna bus sempat menurun.

Namun menurut Taufiek Bawazier selaku Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), industri bus dalam negeri dianggap masih mampu bertahan di saat Pandemi Covid-19.

"Penjualan bus di Indonesia mampu bertahan di dalam persaingan global. Untuk jumlah produksi bus di Indonesia tahun 2018 mencapai 3.460 unit, 2019 sebanyak 3.275 unit dan saat pandemi tahun 2020 kita masih mampu memproduksi bus sebanyak 2.075 unit," ujarnya dalam webinar Busworld Southeast Asia (2/1/2021).

Baca Juga: Curhat Pengusaha Bus Dihantam Pandemi Covid-19, Tak Tinggal Diam, Pilih Lakukan Ini

Taufiek menyebut, masih ada sisi positif dari jumlah produksi kendaraan komersial lainnya di tahun 2020.

"Produksi Kendaraan komersial seperti pikap di 2019 itu mencapai 146 ribu unit lebih, tahun 2020 produksi pikap mencapai 95.285 unit. Produksi truk di 2019 tercatat 91.757 unit, di tahun 2020 mencapai 41.379 unit," sebutnya.

"Yang menarik jika melihat datanya, total kendaraan niaga dibanding penumpang tahun 2019 persentasenya hanya 17 persen. Sedangkan di era Covid-19, meningkat jadi 20 persen. Artinya market kendaraan niaga menguat dibanding total produksi otomotif nasional," sambung Taufiek.

Ia mengatakan, perubahan struktur pasar kendaraan niaga di Indonesia akan terus didukung oleh pihaknya lewat kebijakan dan asosiasi.

Baca Juga: Bus PO AKAS ASRI Bobok di Jurang, Gagal Nyalip Injak Rem, Ban Melintir

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa