Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Piaggio, KTM, Honda dan Yamaha Kompak, Akan Bikin Baterai Motor Listrik Bareng

Antonius Yuliyanto - Rabu, 10 Maret 2021 | 21:25 WIB
Ilustrasi baterai motor listrik
Aant/otomotifnet.com
Ilustrasi baterai motor listrik

Otomotifnet.com - Salah satu kelemahan dari motor listrik adalah lamanya pengecasan dan terbatasnya jarak tempuh.

Tapi, beberapa tahun mendatang tampaknya kelemahan itu bisa diatasi, karena beberapa pabrikan sudah bersepakat membentuk konsorsium dalam hal untuk menyamakan baterai yang bisa ditukar atau diswap.

Dengan baterai bisa diswap dan saling tukar, tentunya akan memudahkan para pengguna motor listrik, ketika baterai sudah habis, tinggal tukar saja tanpa perlu kelamaan menunggu dicas.

Adalah Piaggio Group (PIA.MI), yang hari ini (10/3/2021) mengumumkan bahwa perusahaan telah menandatangani surat kesepakatan dengan KTM AG, Honda Motor Co.,Ltd, dan Yamaha Motor Co., Ltd, dalam mempersiapkan Konsorsium Baterai Swap untuk Sepeda Motor dan Kendaraan Listrik ringan.

Baca Juga: Piaggio Indonesia Hadirkan Dealer Premium Motoplex, Wadahi 4 Brand Dalam Satu Atap

Dalam konteks Paris Climate Agreement dan transisi terhadap elektromobilitas, para anggota pendiri konsorsium percaya bahwa ketersediaan terhadap sistem standar baterai yang dapat ditukar (swap), dapat mempromosikan perluasan kegunaan kendaraan listrik ringan dan berkontribusi kepada siklus pengelolaan baterai yang lebih mumpuni untuk digunakan dalam sektor transportasi.

Dengan memperluas jangkauan, mempersingkat waktu pengisian dan menurunkan biaya kendaraan dan infrastruktur, para produsen berusaha menjawab kekhawatiran utama para pelanggan mengenai masa depan elektromobilitas.

Tujuan konsorsium ini adalah untuk mendefinisikan standar spesifikasi sistem baterai yang dapat ditukar untuk kendaraaan yang masuk ke dalam kategori-L: moped, sepeda motor, sepeda tiga roda dan sepeda empat roda.

Melalui kerjasama dengan para stakeholder dan badan standarisasi nasional, Eropa dan internasional, para anggota pendiri Konsorsium akan terlibat dalam penciptaan standar teknis internasional.

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa