Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Vespa Matik jangan Sampai CVT-nya Gredek, Wajib Servis Rutin, Segini Biayanya

Ignatius Ferdian,Harun Rasyid - Senin, 29 Maret 2021 | 20:10 WIB
Ilustrasi Vespa matik
Ermiel
Ilustrasi Vespa matik

Otomotifnet.com - Vespa matik yang sedang ramai belakang ini memang dibekali bergam fitur modern mulai lampu LED, rem depan cakram dan penggunaan transmisi yang dinilai lebih praktis.

Meskipun praktis, Vespa modern seperti LX, Sprint dan model lainnya, tetap membutuhkan perawatan rutin agar tetap nyaman dikendarai.

Karena jika perawatan Vespa matik kurang diperhatikan, performanya akan kurang optimal karena komponen di dalam Countinuously Variable Transmission (CVT) bisa mengalami gredek.

"CVT Vespa matik generasi terbaru sudah berteknologi i-get dan sudah lebih baik dibanding generasi sebelumnya yaitu 3V. Tapi kalau masih gredek, itu karena perawatannya kurang benar," ujar Amos Ivan, Owner showroom Vespa matik bekas Vescooter di Depok, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Sensor O2 Vespa Matik Rusak Jangan Dibiarkan, Bisa Merembet ke Part Ini

Bengkel Vespa matic di showroom Vescooter
Harun/GridOto.com
Bengkel Vespa matic di showroom Vescooter

Ivan mengatakan, servis Vespa matic dianjurkan setiap pemakaian lebih dari sebulan jika memang pemakaian harian.

"Anjuran servis Vespa matik yang baik itu sebaiknya setiap motor menempuh jarak 2.500 kilometer (km) atau jangka waktu 1 bulan setengah. Jadi yang mana yang duluan dicapai aja," ungkap pria yang juga membuka bengkel di showroom miliknya tersebut.

Menurut Ivan, mekanisme servis rutin Scooter modern asal Italia tersebut dimulai dengan penggantian oli hingga pembersihan CVT.

"2.500 km itu sudah paling mentok dan sesuai aturan resmi Piaggio. Jadi jangan lebih dari itu. Untuk servis itu biasanya kami ganti oli mesin dan gardan, cek rem dan busi, tune up, servis CVT, plus pembersihan injector maupun karburator di model Vespa matik yang lawas," jelasnya.

Baca Juga: Vespa Matik Seken Diburu, Hindari Mesin Yang Sudah Upgrade, Ini Alasannya

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa