Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tercatat, 387.383 Unit Mobil dan Motor Tinggalkan Jabodetabek Sebelum Larangan Mudik

Irsyaad Wijaya - Selasa, 4 Mei 2021 | 13:30 WIB
Ilustrasi Mudik Lebaran
Tribunnews Jogja
Ilustrasi Mudik Lebaran

Otomotifnet.com - Imbauan larangan mudik lebaran 2021 sepertinya sudah diakali oleh warga dengan berangkat lebih awal.

Tercatat, sebelum masa larangan mudik berlaku mulai 6-17 Mei 2021, sebanyak 387.383 unit mobil dan motor sudah tinggalkan Jabodetabek.

Angka tersebut didapat pada periode 30 April sampai 2 Mei 2021 kemarin.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier atau Utama, yaitu GT Cikupa arah barat, GT Ciawi arah selatan dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama arah timur.

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini turun 10 persen jika dibandingkan lalin normal," kata Heru, dalam keterangan resminya, (3/5/21).

Baca Juga: Jelang Larangan Mudik, Sejumlah Terminal Bus Alami Kenaikan Jumlah Penumpang

Heru menuturkan, untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 181.026 kendaraan menuju arah timur, 118.983 kendaraan menuju arah barat dan 87.374 kendaraan menuju arah selatan.

Menjelang masa peniadaan mudik Idul Fitri 1442 Hijriah 6-17 Mei 2021, Jasa Marga mengimbau kepada Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) kategori dikecualikan seperti kendaraan pelayanan distribusi logistik, keperluan kerja/dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka keluarga, ibu hamil (didampingi 1 anggota keluarga) dan kepentingan persalinan untuk dapat melengkapi dokumen persyaratan.

Antara lain Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan hasil negatif tes RT-PCR maks 3x24 jam dan hasil negatif tes rapid antigen maksimal 2x24 jam atau hasil negatif Genose C19 sebelum keberangkatan.

"Jika tidak dilengkapi persyaratan itu akan diputar balik, nanti bersama petugas kepolisian melakukan pemeriksaan," jelasnya.

Ia menerangkan, Jasa Marga mengimbau agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa