Arus Balik Lebaran Diprediksi Jatuh Tanggal Segini, Pemerintah Siap Lakukan Antisipasi

M. Adam Samudra,Ignatius Ferdian - Sabtu, 15 Mei 2021 | 22:20 WIB
Ilustrasi arus balik mudik lebaran
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi arus balik mudik lebaran

Otomotifnet.com - Diprediksi pada H+2 (16 Mei 2021) atau di hari ke-11 masa peniadaan mudik, akan terjadi peningkatan arus pergerakan masyarakat pasca Lebaran.

Oleh karena itu, Pemerintah sedang menyiapkan sejumlah antisipasi diantaranya dengan melakukan penyekatan dan mengimbau kepada masyarakat utuk tidak melakukan perjalanan di hari yang sama.

“Ada preferensi masyarakat untuk melakukan pergerakan pada hari Minggu tangal 16 Mei 2021," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta (15/5/2021)

Menurut Budi, pengendalian transportasi di sektor darat tantangannya lebih besar dibandingkan sektor lainnya, karena potensi masyarakat yang ingin mudik di sektor darat tinggi sekali.

Baca Juga: Sanksi Putar Balik Larangan Mudik Diperpanjang Polri Sampai 24 Mei 2021

Oleh karenanya apa yang dilakukan rekan-rekan petugas di lapangan baik dari TNI, Polri, Dishub, KKP, Satgas, dan unsur terkait lainnya adalah suatu hal yang perlu diapresiasi.

"Kesabaran para petugas dalam menangani masyarakat pengguna transportasi darat pun sudah dilakukan dengan baik,” ujar Budi.

"Karena dengan adanya sinergi antar Kementerian dan Lembaga ini memberikan satu warna yang baik dan kekompakan dalam menjalankan kebijakan ini,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, hingga hari ini atau hari ke-7 masa peniadaan mudik, telah terjadi penurunan pergerakan manusia yang signifikan di semua sektor baik di darat, laut, udara, dan kereta api, yaitu sekitar 70-90 persen dibanding periode sebelum masa peniadaan mudik.

“Kami apresiasi masyarakat yang telah memahami maksud dan tujuan pemerintah melakukan peniadan mudik, sehingga akhirnya mengurungkan niat untuk melakukan perjalanan mudik tahun ini,” tutup Menhub.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa