Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bermaksud Hemat, Ini Yang Bakal Dialami Bila Sering Mencampur Solar Non Subsidi

Andhika Arthawijaya - Jumat, 9 Juli 2021 | 23:45 WIB
Ilustrasi mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina
Rizky/Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina

Otomotifnet.com – Bukan rahasia lagi kalau banyak pengguna mobil bermesin diesel modern atau yang sudah bertekonologi common-rail, kerap mencampur solar.

Dengan maksud agar bisa lebih berhemat, tak sedikit yang suka mengakali mengoplos solar subsidi dengan yang non subsidi.

Selain itu alasan lain mencampur solar ini agar performa mesin tetap ‘dapat’, dibandingkan kalau pakai solar biasa atau solar non subsidi murni.

Padahal menurut Prof. Tri Yuswidjajanto Zaenuri, ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) yang pernah Otomotifnet.com tanyai, langkah tersebut justru akan mengurangi kinerja bahan bakar dengan kualitas di atasnya.

Baca Juga: Sering Campur Bahan Bakar Beda Oktan? Ini Bahaya Yang Akan Dialami!

Sebab yang tadinya bahan bakar di atasnya punya kemampuan cleaning yang baik, “Begitu dicampur dengan solar dengan kualitas di bawahnya, malah membuat kemampuan membersihkan deposit jadi turun,” jelasnya.

Padahal mesin diesel common-rail kayak di Toyota Kijang Innova, Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan sebagainya, sangat rentan rusak bila mengkonsumsi solar yang kemampuan membersihkan depositnya tidak bagus.

Ditambah kandungan sulfur solar subsidi lebih tinggi dibanding solar non subsidi macam Pertamina Dex atau Dex Lite.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa