PCX 160 Punya Problem Khas, Air Radiator Rembes, Ini Penyebabnya

Fariz Ibrahim - Rabu, 15 September 2021 | 06:30 WIB
Honda PCX 160
Dok. AHM
Honda PCX 160

Otomotifnet.com - Usia All New Honda PCX 160 bisa dibilang masih seumur jagung, tapi memang tak lama sejak mulai dikirim ke konsumen ditemukan problem khas.

Problemnya ditemukan adanya kebocoran air radiator dari area pompa air hingga akhirnya menimbulkan kerak berwarna hijau pada bagian blok silinder

Nah bagaimana kelanjutan problem ini? Apakah sudah ada obat mujarab buat mengatasi?

“Masalah seperti ini disarankan dibawa ke bengkel resmi aja. Hasil analisa teknis setiap motor tentunya berbeda-beda sesuai kondisi pemakaian dan perawatan.”

Baca Juga: Honda PCX dan Vario 150 Bisa Lebih Ngacir, Coba Trik Oprekan CVT Ini

Rembesan air radiator menjadi kerak akibat bertemu udara atau disebut sedimentasi, gak perlu panik dan jangan dihilangkan
istimewa
Rembesan air radiator menjadi kerak akibat bertemu udara atau disebut sedimentasi, gak perlu panik dan jangan dihilangkan

“Karena itu untuk dapatkan solusi yang pas, konsumen bisa membawa sepeda motornya ke bengkel AHASS untuk pengecekan lebih lanjut,” terang Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) ketika dikonfirmasi.

PENYEBAB

Merangkum dari beberapa sumber, ternyata yang terjadi adalah rembesnya air radiator pada water pump dan berkerak, sehingga membuat pada pemilik PCX 160 jadi panik akibat kerak hijau pada blok silinder.

“Yang dibilang rembes itu; sedimentasi senyawa glycol pada additive water coolant, sehingga ketika ketemu udara bebas membentuk kerak hijau, tapi tidak bocor (rembes) cuma parno diliatnya.”

“Jika bocornya coolant dari drain hole, itu berarti mechanical seal bermasalah. Seal di water pump ada 3 macam. O-ring seal buat pipe in dan out, mechanical seal, dan seal housing water pump. Isunya sih karena masalah kualitas, terutama kandungan unsur siliconenya,” rinci Senaponda, owner PCX 160 yang sering oprek mesin buat balap dan freestyle.

Baca Juga: Aerox Wajib Waspada, Vario 160 Gosipnya Pakai Pelek Lebar dan Ban Semok!


Editor : Panji Nugraha
Sumber : Tabloid OTOMOTIF

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa