Efek Skema Pajak Baru banderol LCGC Bakal Naik, Honda Pede Penjualan Tetap bagus

Naufal Shafly,Ferdian - Jumat, 17 September 2021 | 18:25 WIB
Honda Brio Satya E CVT
Rianto P
Honda Brio Satya E CVT

Otomotifnet.com - Efek adanya aturan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil baru yang berlaku 16 Oktober 2021, harga mobil di Indonesia bakal segera naik.

Perubahan ini diatur oleh Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019 dan revisinya yaitu PP Nomor 74 Tahun 2021.

Kedua peraturan tersebut akan menggantikan PP Nomor 22 Tahun 2014 yang sebelumnya berlaku, menjadi skema pengenaan PPnBM mobil baru berbasis emisi.

Dalam peraturan baru ini ada sejumlah nilai pajak yang mengalami ubahan, salah satunya berdampak ke segmen mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC).

Kalau sebelumnya LCGC sama sekali tidak dibebani PPnBM, dalam regulasi baru nanti harus memanggul tarif sebesar tiga persen.

Hal ini otomatis membuat harga Toyota Calya, Toyota Agya, Honda Brio Satya, Daihatsu Sigra, Daihatsu Ayla dan Suzuki Karimun Wagon R yang bermain di segmen LCGC akan naik.

Jika nantinya harga LCGC naik karena dibebani pajak PPnBM 3 persen, apakah akan berdampak terhadap penurunan pejualan?

Baca Juga: Ketimbang LCGC, Kijang Innova Reborn Bekas Tipe G Bensin Mulai Segini Aja Kok

Menanggapi hal ini, Yusak Billy selaku Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengaku optimis bahwa penjualan LCGC akan tetap baik meskipun terjadi kenaikan harga imbas aturan baru.

"Kami masih optimis bahwa pasar LCGC masih akan tetap tumbuh karena pembeli pertama (first time buyers) yang merupakan konsumen di usia muda dan produktif, masih menjadi segmen besar di Indonesia," ucap Billy (16/9/2021).


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa