PCX 160 Air Radiator Rembes? Gak Perlu Panik! Ini Yang Perlu Dilakukan

Fariz Ibrahim - Minggu, 19 September 2021 | 13:15 WIB
Honda PCX 160 merah
Honda
Honda PCX 160 merah

Otomotifnet.com - Salah satu problem yang dialami oleh beberapa pemilik All New Honda PCX 160 adalah air radiator yang rembes.

Ini bisa dilihat atau ditengok pada kepala silinder, tepatnya pada water pump dan terlihat kerak air radiator berwarna hijau.

Jika pemilik PCX 160 mengalami kondisi rembesan tersebut, tentunya tidak perlu panik, karena ini bukan kondisi yang langsung bisa merusak mesin.

Artinya motor masih bisa berjalan dan dibawa ke bengkel rekanan atau bengkel resmi Honda untuk dianalisa sekaligus pengajuan klaim garansi.

Baca Juga: WRX Silent Racing, PCX 160, NMAX Hingga Aerox Power Naik, Ini Buktinya

Rembesan air radiator menjadi kerak akibat bertemu udara atau disebut sedimentasi, gak perlu panik dan jangan dihilangkan
istimewa
Rembesan air radiator menjadi kerak akibat bertemu udara atau disebut sedimentasi, gak perlu panik dan jangan dihilangkan

Apalagi jika air radiator di tabung cadangan masih di antara garis upper dan lower, tentunya sangat aman. Silakan mulai was-was jika lampu overheat di spidometer sudah menyala.

“Jangan panik, ini bukan kebocoran cooling system yang bisa bikin overheat. Jangan melakukan tindakan sendiri dengan melakukan pembersihan pada kerak hijau di body water pump, hubungi dan antar motor ke bengkel terpercaya untuk penanganan lebih lanjut.”

Trouble shooting apa jenis penyebabnya? Mechanical seal leak atau sedimentation. Lakukan penggantian parts sesuai sumber masalah, kalau bocor mechanical seal leak bisa ganti pakai punya Vario 150, kalau ada rembes seal hose ganti pakai yang vendor Advic. Gunakan sealant HiTemp saat pemasangan,” wanti Senaponda.

Sedangkan jika sudah diganti namun tetap ada rembesan air radiator, bisa jadi itu karena permukaan water pump tidak rata dengan blok silinder, jadi ada celah saat terpasang.

Baca Juga: Bikin Ngacir Honda PCX 160, Pakai Kampas Ganda Aftermarket Milik Saudara

Mechanical seal water pump bisa diganti pakai milik Vario 150
istimewa
Mechanical seal water pump bisa diganti pakai milik Vario 150


Editor : Panji Nugraha
Sumber : Tabloid OTOMOTIF

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa