Maklum Jika Helm Replika Pembalap Mahal, Ternyata Mesti Bayar Lisensi

Irsyaad W,Muhammad Rizqi Pradana - Senin, 20 September 2021 | 13:00 WIB
Kalau yang ini Shoei X-Fourteen asli !
Isal/GridOto.com
Kalau yang ini Shoei X-Fourteen asli !

Otomotifnet.com - Biasanya helm replika pembalap bakal dihargai lebih mahal dari grafis biasa.

Misal, Arai yang menyediakan helm replika Maverick Vinales, Shoei yang menjual helm replika Marc Marquez atau KYT yang menawarkan helm replika Aleix Espargaro.

Kalau diperhatikan, umumnya helm motor dengan grafis replika pembalap punya banderol yang lebih mahal dibandingkan varian grafis biasa.

Hal tersebut dibenarkan oleh Boy Septa, Manager and Business Development PT Prakarsa Bangun Sarana, Distributor Shoei dan Komine di Indonesia.

"Biasanya memang ada perbedaan harga, contohnya di tipe X-Fourteen yang sekaligus helm flagship Shoei," ujar pria yang akrab disapa Boy, (9/9/21).

Baca Juga: Kisah Desainer Grafis Helm Balap Asal Indonesia, Tiru Idola Sampai Tolak Replika

Helm Shoei
Toncil
Helm Shoei

"Shoei X-Fourteen dengan grafis replika Marc Marquez itu harganya Rp 12,430 juta, lebih mahal Rp 400 ribu di bandingkan X-Fourteen grafis biasa," sebutnya.

Harap maklum sih kalau harganya mahal, sebab Boy mengungkapkan, perbedaan harga tersebut utamanya disebabkan oleh biaya lisensi yang harus dibayarkan produsen ke sang pembalap dan desainer grafis tersebut.

Karena biasanya, para pembalap memilih sendiri desainer yang dipercaya untuk pembuatan grafis helm mereka.

Seperti Valentino Rossi dengan Drudi Performance, Alex dan Marc Marquez dengan Dave Designs, atau Takaaki Nakagami dengan YF Design.

Sehingga produsen helm harus membayar lisensi kepada pembalap dan sang desainer untuk memproduksi helm replika tersebut secara massal.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa