WorldSBK dan MotoGP Indonesia Terancam Batal Imbas Sanksi WADA, Ini Klarifikasi Menpora RI

Ferdian,Muhammad Rizqi Pradana - Sabtu, 9 Oktober 2021 | 18:30 WIB
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat
ITDC
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Otomotifnet.com - Sedang ramai kabar kalau Indonesia dijatuhi hukuman oleh Badan Antidoping Dunia (WADA) karena tidak patuh pada aturan antidoping yang mereka terapkan.

Hal tersebut ditakutkan bakal mengancam gelaran balap WorldSBK Indonesia yang akan digelar pada November 2021, dan MotoGP Indonesia yang digelar Maret 2022.

Karena salah satu sanksi yang bisa dijatuhkan WADA adalah tidak diperkenankannya Indonesia menggelar event olahraga bertaraf internasional termasuk WorldSBK Indonesia dan MotoGP Indonesia nanti.

Namun, Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI mengatakan bahwa Indonesia masih punya kemungkinan menggelar WorldSBK Indonesia dan MotoGP Indonesia.

"Masalah itu muncul kalau kita benar-benar di-ban (dihukum), ini kan belum," ujar Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual yang diadakan Jumat, (8/10/2021).

"Kami masih diminta klarifikasi (oleh WADA), maka kami akan berusaha untuk mengklarifikasi," imbuhnya.

Ia mengatkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) untuk mencari akar permasalahan yang menyebabkan ancaman WADA tersebut.

Baca Juga: Jelang WorldSBK Indonesia 2021, Sirkuit Mandalika Resmi Memiliki Nama Baru

Selain itu, Kemenpora juga sudah mengirimkan surat klarifikasi ke WADA meskipun sedikit terlambat karena permintaan klarifikasi ternyata sudah diterima sejak September lalu.

"Meskipun tenggat waktunya agak terlambat karena restrukturasi LADI, tapi kami tetap masih berkomunikasi dengan WADA," ujar Zainudin.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa