Pajak Berdasar Tingkat Emisi Berlaku, Honda Sebut Harga Mobil Tetap Stabil

Ferdian,Harun Rasyid - Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:50 WIB
Honda Brio Satya dengan body kit Type R
Aditya Pradifta
Honda Brio Satya dengan body kit Type R

Otomotifnet.com - Regulasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berdasar tingkat emisi (Carbon Tax) berlaku mulai Sabtu (16/10/2021).

Aturan pengenaan pajak berdasarkan tingkat emisi ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 74 tahun 2021.

Regulasi tersebut, mengubah PP Nomor 41 Tahun 2021 dan PP Nomor 22 Tahun 2021 yang mengatur pengenaan PPnBM pada kendaraan bermotor berdasar roda penggerak, mesin, dan bentuk bodi.

Karena dampak pajak berdasarkan tingkat emisi, nantinya harga mobil baru yang dikenakan PPnBM akan mengalami penyesuaian.

Yusak Billy, selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, pihaknya sementara ini belum mengubah harga jual semua model Honda yang dipasarkan.

"Untuk sekarang, harga tidak berubah meskipun regulasi carbon tax sudah berlaku," ujarnya saat dihubungi (16/10/2021).

Billy mengungkapkan, harga mobil Honda dengan kubikasi 1.500 cc ke bawah yang dirakit di dalam negeri atau Completely Knock Down (CKD) masih tetap.

Baca Juga: All New Honda BR-V Hadir di Semarang, Buruan Mampir ke Mall Ini

Honda City Hatchback RS
F Yosi/otomotifnet.com

"Untuk semua model CKD di bawah 1500 cc tidak mengalami perubahan harga. Sebab masih mendapatkan relaksasi PPnBM 100 persen," ungkapnya.

Bagi yang belum tahu, mobil Honda berstatus CKD 1.500 cc ke bawah diantaranya Honda Brio RS, BR-V, HR-V, City Hatchback, dan Mobilio.

Selanjutnya menurut Billy, hal tersebut juga berlaku untuk mobil Honda berstatus CKD bermesin 1.500 cc ke atas seperti Honda CR-V dan HR-V varian 1.800 cc.

"Tax carbon untuk model CKD di atas 1500 cc yang mendapat relaksasi PPnBM 50 persen juga sama hasil tesnya dengan pajak sebelumnya. Sehingga harga juga tidak berubah," katanya.

Sementara untuk model Completely Build Up (CBU) semisal Honda Odyssey, Civic, hingga Accord, Billy mengaku akan mengumumkannya saat pengiriman unit dari luar negeri berikutnya.

Billy menyebut, pihaknya juga belum bisa memastikan harga model Low Cost Green Car (LCGC) andalan Honda, yakni Brio Satya yang akan dikenakan PPnBM 3 persen karena aturan carbon tax.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa