Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kena Imbas Aturan, Harga Mobil Listrik Nissan LeAF Naik Puluhan Juta

Irsyaad W,Muslimin Trisyuliono - Kamis, 4 November 2021 | 17:30 WIB
Nissan Leaf
Rendy/Otomotifnet
Nissan Leaf

Otomotifnet.com - PPnBM berdasarkan emisi gas buang dan konsumsi BBM untuk mobil baru sudah berlaku.

Aturan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 74 tahun 2021 yang mengatur perhitungan pajak kendaraan bermotor menggunakan skema karbon atau emisi gas buang tersebut berimbas pada harga jual mobil baru.

Artinya semakin kecil emisi gas buang dari suatu kendaraan, maka akan semakin kecil juga pajak yang dikenakan untuk kendaraan tersebut.

Selain itu, dampak pajak berdasarkan tingkat emisi ini membuat harga mobil baru yang dikenakan PPnBM akan mengalami penyesuaian.

Tan Kim Piauw, Sales & Marketing Director PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) mengatakan, sejak regulasi tersebut berlaku pihaknya telah melakukan penyesuaian harga termasuk untuk line up mobil listriknya.

Baca Juga: All New Nissan Leaf Usung Motor Listrik Bertenaga 110 kW & Torsi 320 Nm, Segini Akselerasinya!

"Pemerintah pada tanggal 16 Oktober sudah memberlakukan peraturan baru PP 74, hampir semua merek sudah melakukan penyesuaian harga dan itu pun dilakukan oleh Nissan termasuk ke mobil listrik," ujar Tan dalam konferensi pers peluncuran SPKLU Nissan di Jakarta, (1/11/21).

Tan mengungkapkan, Nissan LeAF yang awalnya dibanderol Rp 649 juta kini naik menjadi Rp 679 juta On The Road (OTR) DKI Jakarta.

Nissan Leaf resmi dijual
Rendy/Otomotifnet
Nissan Leaf resmi dijual

"Jadi Nissan Leaf kami perkenalkan sejak tanggal 16 Oktober dengan harga Rp 679 juta, itu adalah harga penyesuaian sesuai dengan aturan yang baru," ungkap Tan.

Meski ada penyesuaian harga, Tan mengungkapkan untuk penjualan Nissan LeAF masih sesuai target.

"Penjualan LeAF sampai hari ini masih sesuai target yang kami susun, dan untuk tahun depan berapa target penjualannya juga masih kami susun," pungkasnya.

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa