Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All New Avanza dan Xpander Facelift Adopsi Matik CVT, Bengkel Spesialis Kasih Pandangannya

Ferdian,Abdul Aziz Masindo - Selasa, 16 November 2021 | 19:00 WIB
Toyota Avanza Generasi Terbaru kini punya PCD 5x114,3 mm
Rianto Prasetyo / GridOto.com
Toyota Avanza Generasi Terbaru kini punya PCD 5x114,3 mm

Otomotifnet.com - Persaingan pasar Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) makin ketat usai All New Avanza dan All New Veloz generasi terbaru meluncur (10/11/2021).

All New Avanza dan All New Veloz ini adalah generasi ketiga dengan perubahan baik di eksterior dan interior yang jauh berbeda dari generasi sebelumnya.

Sementara itu, dua hari sebelumnya, rival Avanza yakni Mitsubishi Xpander facelift sudah lebih dulu meluncur pada Senin (8/11/2021).

Menariknya kedua LMPV tersebut menggunakan jenis transmisi matik yang baru, dari yang sebelumnya matik konvensional menjadi matik jenis CVT (Continuously Variable Transmission).

Hermas Efendi Prabowo selaku pemilik bengkel spesialis matik Worner Matic memberikan pandangan.

Menurutnya, mobil-mobil di segmen LMPV seperti Honda Mobilio dan Nissan Grand Livina yang juga menggunakan transmisi matik jenis CVT seperti sudah menjadi langganan bengkel matik.

Karena mobil LMPV Ia menilai, banyak dijadikan sebagai 'mobil pekerja keras'.

Baca Juga: Mengagumkan, Interior Daihatsu All New Xenia Beda Jauh Dari Avanza

"Persoalannya memang, mobil-mobil dengan kategori Low MPV seperti Avanza dan Xpander itu kan kerjanya keras, kita ngerti lah kayak Avanza kita bawa ke gunung, ke lembah ke segala macam hajar saja, muatan 7 pun diisi 8 meskipun itu enggak boleh," buka Hermas saat diwawancarai di bengkelnya di Bintaro, Tangerang Selatan.

"Tapi mereka kerja keras banget, sekarang ini kan mau dibekali transmisi CVT," lanjutnya.

Hermas menilai, alasan Toyota dan Mitsubishi mengganti transmisi di mobil segmen LMPV untuk menyasar masyarakat perkotaan, sebab transmisi CVT lebih cocok untuk di perkotaan.

"Pertimbangan pakai CVT yang tahu persis pasti produsen mobilnya ya pertimbangan bisnisnya apa, tapi saya melihat mungkin ini salah satu strategi bisnis supaya penjual mobil bisa naik lagi," katanya.

penggantian transmisi CVT secara assy bisa memakan biaya puluhan juta rupiah
Dok / OTOMOTIF
penggantian transmisi CVT secara assy bisa memakan biaya puluhan juta rupiah

"Avanza dan Xpander pakai CVT apakah targetnya Ia ingin nyasar di area-area perkotaan, sebab kalau di daerah menurut saya akan mengalami penurunan minat, Karena tantangan jalannya lebih berat di daerah apalagi di daerah berat berbukit-bukit" lanjut Hermas.

Karakter CVT dinilai kurang andal jika dipakai di daerah dengan medan jalan yang banyak menanjak jika dibandingkan matik AT Konvensional.

"Kita tahu karakter CVT itu memang agak tidak bersahabat ke kontruksi jalan yang konturnya naik turun, apapun CVT-nya dan diproduksi sama brand apapun, ketika kita bawa ke jalanan naik turun pasti kurang andal dibanding AT konvensional," papar Hermas.

Youtube GridOto

Editor : Panji Nugraha
Sumber : Otoseken.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa