Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ubah Warna Kendaraan di Bengkel Wajib Lapor Polisi, Kalau Cat Sendiri Gimana?

M. Adam Samudra,Ferdian - Senin, 22 November 2021 | 17:15 WIB
Ilustrasi pengecatan bodi motor
instagram/dna_custompaint88
Ilustrasi pengecatan bodi motor

Otomotifnet.com - Buat yang suka mengubah tampilan mobil atau motor di bengkel, khusunya pada warna cat, jangan lupa untuk melaporkannya kepada kepolisian.

Sebagaimana dikatakan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono segala perubahan dalam kendaraan wajib segera mengurus surat-surat atau dokumen kendaraan supaya tidak melanggar hukum.

"Bagi pemilik kendaraan yang melakukan perubahan warna pada kendaraannya, harus mengurus dokumen kendaraan kembali. Sebab, ada perubahan data yakni warnanya," ujar Argo (22/11/2021).

Itu apabila pengecatan menggunakan jasa bengkel, bagaimana jika pengecatan dilakukan sendiri, apakah perlu surat pengantar?

Menurut Argo, pengecatan bisa dilakukan siapa saja, tapi sebagai formalitas untuk persyaratan rubah warna, surat pengantar harus diterbitkan dari bengkel resmi/yang berbadan hukum.

"Karena ada dokumen untuk diarsipkan, mungkin kalau pengerjaan (pengecatan) dilakukan pribadi tidak ada masalah, tapi jangan lupa setelah itu bisa meminta tolong mungkin ada rekanan bengkel membuatkan surat. Karena perubahan warna memerlukan dokumen tertulis perubahan, tidak bisa lisan 'saya cat sendiri'," bebernya.

Baca Juga: Bisa Diakali, Begini Trik Ganti Warna Bodi Motor Tanpa Urus STNK

Hal ini berkaitan dengan Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, tepatnya Pasal 64 yang menjelaskan setiap kendaraan wajib dilakukan registrasi.

Registrasi tersebut termasuk di dalamnya registrasi perubahan identitas kendaraan bermotor dan pemilik.

Mengenai warna ini juga dikuatkan melalui peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 5 tahun 2012 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

Pada pasal 37 ayat 1 dijelaskan salah satu data yang terdapat di STNK adalah warna dan dijelaskan STNK adalah bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor.

Perubahan warna, hingga membuat perbedaan dengan keterangan yang tercantum dalam STNK adalah pelanggaran. Hal ini karena kendaraan tidak diregistrasi dan diidentifikasi ulang.

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa