Gokil Juga, Kendaraan Listrik di Indonesia Populasinya Sudah Tembus 14 Ribu

M. Adam Samudra,Ferdian - Selasa, 23 November 2021 | 17:45 WIB
Deretan mobil listrik yang diuji dalam PLN BEV Touring Jakarta-Bandung
Hendra
Deretan mobil listrik yang diuji dalam PLN BEV Touring Jakarta-Bandung

Otomotifnet.com - Seiring dengan meningkatnya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Tanah Air, populasi kendaraan listrik juga meningkat pesat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi menjelaskan adanya peningkatan populasi kendaraan listrik di Indonesia yang kini jumlahnya telah mencapai 14.400 unit.

"Per November 2021 ini, populasi kendaraan listrik di Indonesia saat ini sudah mencapai 14.400 dengan rincian mobil penumpang roda 4 mencapai 1.656 unit, kendaraan roda 3 sebanyak 262 unit, motor listrik 12.464 unit, mobil bus 13 unit, dan mobil barang 5 unit," kata Budi (23/11/2021).

Sementara berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian ESDM pada September 2021, jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) telah mencapai 187 unit yang tersebar di 155 lokasi di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Dengan semakin banyaknya jumlah infrastruktur penunjang ini maka diharapkan semakin bertambahnya kepercayaan masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik ini.

Menurutnya, saat ini sudah ada beberapa APM mobil listrik di Indonesia.

Ada 13 unit bus yang sudah mengajukan uji tipe dan sudah digunakan salah satunya dipakai oleh TransJakarta.

Baca Juga: Lexus Indonesia Bersiap Ganti Haluan, Akan Jadi Brand Mobil Listrik Mewah

“Selanjutnya akan menyusul PPD dan DAMRI,” tambahnya.

“Tahun depan rencananya kami akan menggunakan bus listrik untuk layanan Buy The Service di Surabaya sebanyak 2 koridor (40 unit) dan Bandung 1 koridor (20 unit)," tuturnya.

Bahkan pihaknya sudah berbicara dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) untuk mendorong semua Agen Pemegang Merek (APM) motor produsen motor listrik untuk memproduksi baterai dengan ukuran yang sama sehingga mempermudah masyarakat dalam penggunaan dan pengisian ulang baterai,” ujar Dirjen Budi.

Kemenhub juga sedang membuat skema pembelian kendaraan listrik tanpa baterai yang ditujukan untuk penjualan kendaraan bermotor jenis sepeda motor.

Diharapkan dengan penjualan sepeda motor listrik tanpa baterai dapat menurunkan harga jual sepeda motor sehingga dapat menarik daya beli masyarakat.

Baterai sepeda motor listrik dapat disewa melalui penyedia layanan sewa baterai swap di mini market yang ada di wilayah Jabodetabek.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa