Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pandemi Covid-19 Belum Tuntas, Toyota Berharap Insentif PPnBM Diperpanjang Lagi

Ferdian,Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB
Suasana Booth Toyota di pameran otomotif
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Suasana Booth Toyota di pameran otomotif

Otomotifnet.com - Sejak diberlakukan Maret 2021 lalu, insentif Pajak Pembelian Barang Mewah (PPnBM) membawa angin segar untuk penjualan mobil baru.

Termasuk untuk PT Toyota Astra Motor (TAM), yang mencatatkan kenaikan penjualan sebesar 80 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Efeknya memang sangat kuat. Sampai Oktober lalu, penjualan Toyota saja angka penjualannya naik 80 persen sementara pasar naik kira-kira 65 persen,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM (7/12/2021).

“PPnBM ini jadi salah satu dorongan terkuat lah, jadi pastinya kami berterimakasih sekali dengan pemerintah,” tambahnya saat berada di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Dengan adanya dampak tersebut, tidak heran apabila santer beredar isu bahwa pemerintah berniat untuk memperpanjang insentif PPnBM hingga memasuki 2022.

Terlebih pemerintah juga mengaku memperoleh kenaikan pendapatan hingga 6 kali lipat dari industri pendukung industri otomotif dalam negeri.

"Kita bisa melihat cost-benefitnya ada, pemerintah pajak barang mewahnya berkurang, tapi ada benefit di tempat lain,” tukas Agus Gumiwang selaku Menteri Perindustrian RI beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Insentif PPnBM 100 Persen Rampung Akhir Tahun, Honda Harap Ada Transisi Harga

“Itu kalau kita hitung enam kali lipat benefitnya dari industri pendukung, tier 1, tier 2 hingga IKM (Industri Kecil Menengah)," lanjutnya.

Kabar tersebut pun disambut positif oleh Toyota, yang berharap pemerintah setidaknya mengkaji kemungkinan untuk memperpanjang insentif PPnBM untuk mobil baru.

Meskipun, Anton tidak memungkiri bahwa pemerintah pasti punya banyak pertimbangan sebelum bisa mengambil keputusan tersebut.

“Pemerintah kan punya hitungan sendiri, mereka mengeluarkan uang berapa dan dapatnya berapa, hasilnya itu masih kami tunggu lah,” kata Anton.

“Harapan kami sih diperhitungkan juga karena bagaimanapun kondisi pandemi belum selesai,” lanjut pria kelahiran Solok, Sumatera Barat itu.

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa