Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Buntut Angkot Vs Kereta Api di Medan Sebabkan 4 Tewas, Banyak Sopir Dirazia, 4 Positif Narkoba

Ferdian - Senin, 13 Desember 2021 | 18:05 WIB
Detik-detik angkot terobos rel kereta api hingga tertabrak
Twitter.com/ @hedwigus
Detik-detik angkot terobos rel kereta api hingga tertabrak

Otomotifnet.com - Buntut dari angkot yang menerobos palang pintu kereta api di Medan, razia terhadap angkutan kota di wilayah tersebut dilakukan.

Razia ini dilakukan oleh Polrestabes Medan, Badan Narkotika Nasional Sumatera Utara (BNN Sumut) dan Dinas Perhubungan Kota Medan.

Adapun sebanyak empat orang sopir angkot harus berurusan dengan petugas karena dinyatakan positif narkoba usai menjalani tes urine.

"Hasil dari razia yang kita gelar di dua titik ini, empat sopir terjaring dengan hasil urine positif narkoba dan kita serahkan kepada BNN," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis di sela-sela razia di depan Taman Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja, Medan (13/12/2021).

Keempat sopir itu langsung dibawa ke markas BNN untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Selain di depan Taman Makam Pahlawan, razia serupa juga dilakukan di Jalan Gatot Subroto.

Satu per satu sopir angkot pun diperiksa.

Selain memeriksa kelengkapan kendaraan beserta surat-suratnya, petugas juga melakukan tes urine para sopir angkot tersebut.

Baca Juga: Keterlaluan, Sopir Angkot Terobos Palang Kereta Positif Narkoba, Sebabkan 4 Orang Tewas

Iswar menyebutkan, kegiatan tersebut sebagai upaya menertibkan angkutan dan sopir nakal yang membahayakan penumpang.

Dia menjelaskan, penindakan yang dilakukan terhadap angkutan dalam kota tersebut mengacu pada tiga poin yakni kelengkapan surat izin mengendara, surat izin trayek dan kondisi kelayakan sopir, dalam hal ini cek urine.

"Razia ini dimaksudkan melihat bagaimana pengoperasian angkutan umum ini apakah memenuhi syarat administrasi, memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan dan juga pengemudinya siap operasi baik dari sisi fisik maupun mental," jelasnya.

Lanjut dikatakan Iswar, sebagaimana perintah Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution, untuk memastikan prasyarat kelayakan tersebut, pihaknya berkolaborasi dengan Satlantas Polrestabes Medan dan BNN Provinsi Sumut.

Razia akan digelar di tempat berbeda Dia memastikan razia penindakan terhadap angkutan dan pengemudi akan dilakukan di seluruh Kota Medan dengan titik razia yang berbeda-beda.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa