Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Diatur Di Sini, Macet Di Sana, Ganjil Genap di Depok Dinilai Enggak Efektif

Ferdian - Minggu, 19 Desember 2021 | 14:15 WIB
Uji coba sistem ganjil genap telah diberlakukan di di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021), sebagai salah satu cara mengurai kemacetan.
(KOMPAS.com/Muhamad Isa Bustomi)
Uji coba sistem ganjil genap telah diberlakukan di di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021), sebagai salah satu cara mengurai kemacetan.

Otomotifnet.com - Uji coba ganjil genap di jalan Margonda Raya, Depok pada 18-19 Desember 2021 ditiadakan karena dinilai tidak efektif.

Sebelumnya aturan ini sudah diterapkan sejak awal bulan ini, atau tepatnya 4-5 Desember dan 11-12 Desember 2021.

Kasat Lantas Polres Metro Depok Komisaris Jhoni Eka Putra, mengatakan, hal ini diputuskan berdasar hasil evaluasi uji coba ganjil genap Kota Depok, yang diberlakukan beberapa waktu lalu.

“Di Margonda itu mengalami peningkatan yang baik, lancar. Tapi di dalam buangannya, jalan alternatifnya itu terjadi penurunan jaringan,” ujar Jhoni, dilansir dari laman Korlantas Polri (18/12/2021).

“Jadi kemacetan tetap panjang, kecepatan berkurang, kemudian waktu tempuh bertambah. Jadi upaya kita ini untuk evaluasi lagi,” katanya.

Baca Juga: Polisi Stop Ganjil Genap di Depok, Fokus Tertibkan Parkir Liar Untuk Atasi Kemacetan

Menurutnya, arus lalu lintas di Jalan Margonda Raya menjadi lancar saat penerapan uji coba ganjil genap.

Tapi, sebaliknya, kemacetan justru terjadi di sejumlah ruas jalan lain.

Jhoni juga mengatakan, untuk mengatasi kemacetan di Kota Depok, pihaknya akan menertibkan faktor kemacetan lainnya, seperti parkir liar dan pemasangan rambu-rambu.

Namun demikian, Jhoni menambahkan, pihaknya tidak menutup kemungkinan kebijakan tersebut akan diberlakukan lagi nanti.

“Tidak ada pembahasan bahwa gage tidak akan diterapkan. Bisa saja di waktu yang akan datang akan dilaksanakan, baik itu bulan atau di tahun depan. Namun, untuk saat ini, upaya menanggulangi kemacetan berupa penertiban parkir liar,” ucap Jhoni.

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/19/074100215/tak-efektif-ganjil-genap-depok-malah-bikin-macet-jalan-alternatif

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa