Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ada Libur Imlek 2022, Aturan ganjil Genap Diberlakukan di Jalur Puncak Bogor

Ferdian - Selasa, 1 Februari 2022 | 15:05 WIB
Aturan ganjil genap di kota bogor.
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Aturan ganjil genap di kota bogor.

Otomotifnet.com - Sistem ganjil genap di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat diberlakukan kepolisian untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan saat libur Tahun Baru Imlek 2022.

Kebijakan ganjil genap ini diambil untuk membatasi kendaraan atau mobilitas masyarakat ke kawasan wisata pada libur Tahun Baru Imlek (1/2/2022).

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, aturan ganjil genap ini masih sama seperti dengan sebelumnya, yakni disesuaikan tanggal pada kalendar.

"Tetap kita laksanakan (ganjil genap), kemudian kita kasih imbauan ke tempat wisata untuk memaksimalkan aplikasi PeduliLindungi," kata Iman di Ciawi, Kabupaten Bogor (31/1/2022).

Skema arus lalu lintas berbasis nomor polisi ganjil genap bagi kendaraan roda dua dan empat ini diberlakukan sebagai upaya antisipasi lonjakan Covid-19 di wilayah Bogor.

Sebab di hari libur biasanya pengunjung atau wisatawan jumlahnya melonjak khususnya di penginapan-penginapan dan villa.

Tapi di satu sisi ekonomi di kawasan wisata harus tetap berjalan.

"Salah satu upayanya ganjil genap itu. Dengan ganjil genap ini orang-orang dibatasi mau naik. Jadi bisa memotong setengah jumlah pengunjunglah paling enggak," ujarnya.

"Gage (ganjil genap) ini sifatnya fleksibel, lihat situasi. Karena gimana caranya juga itu ekonomi harus jalan dan Covid-19 juga bisa terkendali," jelas Iman menambahkan.

Selain melakukan ganjil-genap atau gage, kepolisian juga terus berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor dalam rangka pembatasan kegiatan atau aktivitas wisatawan.

Dengan adanya koordinasi seperti ini kata Iman, diharapkan tidak terjadi penumpukan sesuai kapasitas pembatasan wisatawan.

Identifikasi tempat wisata yang menjadi sasaran liburan didorong memiliki protokol kesehatan yang baik dan benar.

Baca Juga: Sejumlah Jalan di Bogor Ditutup, Menyusul Aturan Ganjil Genap Akhir Pekan

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/01/070200215/libur-imlek-2022-jalur-puncak-bogor-terapkan-sistem-ganjil-genap-

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa