Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jokowi Gerebek 24.000 Mobil Yang Akan Dikapalkan, Hasilnya Bikin Sumringah

F Yosi - Rabu, 9 Maret 2022 | 18:40 WIB
Presiden Jokowi dengan background mobil-mobil yang akan diekspor melalui Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.
IG Joko Widodo
Presiden Jokowi dengan background mobil-mobil yang akan diekspor melalui Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Otomotifnet.com - Orang no 1 di Indonesia saat ini yakni Presiden Joko Widodo tampak sumringah, apa sebabnya?

Perputaran nilai industri ekonomi otomotif di Indonesia makin cerah.

Hal ini terlihat saat Jokowi panggilan akrabnya "menggerebek" mobil-mobil yang akan dikapalkan alias diekspor ke sejumlah negara.

Ekspor kendaraan tersebut sudah dimulai dari  17 Desember 2021 sampai 8 Maret 2022 yang mencapai 24.000 unit.

Pada agenda kunjungan kerja tersebut Presiden Jokowi,  didampingi juga oleh  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji  dan Bupati Subang Ruhimat pada di pelabuhan Patimban,Subang, Jawa Barat,( 8-3 2022).

“Sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor dari sini kurang lebih 160 ribu. Melihat progress tiga bulan ini kelihatannya bisa naik menjadi 180 ribu mobil untuk ekspor ke Filipina, Brunei Darussalam, Jepang dan juga Vietnam ini saya kira awal nanti akan dikembangkan ke negara-negara yang lain,"

" Sehingga 1 bulan kurang lebih dari sini akan bisa diekspor 15 ribu mobil (per-bulan) dan ini akan sangat bagus”ujar Presiden RI Joko Widodo yang dikutip lewat  YouTube Sekretariat Presiden.

Nah.. Sebagai salah satu produsen otomotif dengan kapasitas terbesar di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut berpartisipasi mendukung pemerintah dalam meningkatkan devisa negara melalui kegiatan ekspor otomotif dengan memaksimalkan utilisasi Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban.

Daihatsu sebagai bagian dari Toyota Group, telah mengekspor kendaraan selain untuk brand Daihatsu sendiri, ADM juga juga memproduksi dan mengekspor untuk brand Toyota seperti Rush, Avanza, Wigo, Raize, dan Town/Lite Ace serta brand Mazda dengan model Bongo.

Suasana Kegiatan Ekspor di Pelabuhan Patimban pada Selasa, 8 Maret 2022.
Youtube Sekretariat Presiden
Suasana Kegiatan Ekspor di Pelabuhan Patimban pada Selasa, 8 Maret 2022.

Berdasarkan data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pada Januari 2022, ekspor kendaraan roda empat CBU (Completely Built Up), produksi ADM berkontribusi sebesar sekitar 49% dari total ekspor nasional kendaraan roda empat CBU yang mencapai sekitar 24 ribu unit.

Sebagaimana diketahui, produk ADM diekspor hingga ke 75 negara di dunia, mulai dari ASEAN, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin, yang membuktikan produksi ADM memiliki standar kualitas global, dan telah dipercaya pelanggan hingga ke mancanegara.

“ADM turut berpartisipasi dalam usaha kegiatan ekspor kendaraan melalui pelabuhan Patimban untuk mendukung peningkatan industri otomotif nasional, sekaligus pendapatan devisa negara,” tukas, Johan, Export Import Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa