Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kengen Kampung Halaman, Ada Sinyal Positif Mudik Lebaran Tak Dilarang

Ferdian - Minggu, 13 Maret 2022 | 10:35 WIB
ilustrasi mudik
Kompas.com
ilustrasi mudik

Otomotifnet.com - Menjelang Lebaran 2022, ada sinyal positif buat yang kangen sama kampung halaman.

Kepala Sub Bidang Dukungan Kesehatan Satgas Covid-19 Brigjen TNI (Pur) Alexander K Ginting mengatakan, ada atau tidaknya larangan mudik Lebaran tahun 2022 bergantung pada kondisi pandemi Covid-19.

Ia mengatakan, pemerintah akan terus memonitor kondisi kasus Covid-19 hingga akhir Maret untuk menjadi pertimbangan kebijakan soal mudik.

"Di dalam uji coba ini nanti akan kita lihat nanti sampai akhir Maret, kalau kasus menurun, kasus kematian cenderung menurun, tentu akan berikan harapan dan gambaran yang lebih baik," kata Alex dalam diskusi secara virtual bertajuk "Bersiap Hidup di Era Endemi," (13/3/2022).

Namun, Alex mengatakan, jika kasus Covid-19 kembali meningkat, pemerintah akan melakukan evaluasi terhadap pelonggaran kebijakan yang tengah berjalan.

Oleh karenanya, ia berharap masyarakat saling bekerja sama untuk membantu menekan jumlah penularan Covid-19.

"Mana kala kasus semakin naik di akhir Maret ini, ini yang akan menjadi persoalan kita, kita akan terjadi levelisasi PPKM, yang tadinya Level 2 jadi Level 3 lagi, ini jadi pekerjaan rumah kita bersama," ujarnya.

Lebih lanjut, Alex menegaskan, hingga saat ini, status pandemi Covid-19 di Indonesia belum dicabut dan transisi menuju endemi dilakukan secara bertahap.

"Jadi artinya yang tadinya Level 2 bisa kembali Level 3 bisa juga jadi Level 4. Jadi ini tergantung kepatuhan kita, penyelenggara dan pemerintah menanggulangi Covid-19," ucapnya.

Baca Juga: Kangen Emak di Kampung, Kakorlantas Beri Sinyal Budaya Tahunan Ini Dilonggarkan

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2022/03/12/14403131/satgas-covid-19-bicara-kemungkinan-tak-ada-larangan-mudik-lebaran-2022

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa