Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Ngaku Belum Rasakan Dampak Positif Insentif PPnBM, Minta Diperpanjang?

Muhammad Ermiel Zulfikar,Ferdian - Rabu, 16 Maret 2022 | 20:50 WIB
Toyota Calya
Toyota
Toyota Calya

Otomotifnet.com - Selama periode awal 2022 ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengakui belum ada dampak berarti adanya insentif PPnBM.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM menjelaskan, hal ini dikarenakan banyak konsumen yang memilih untuk menunggu sampai kebijakan tersebut benar-benar diputuskan.

Mengingat insentif PPnBM ini baru diputuskan akhir Februari 2022 lalu, sehingga dalam data penjualan yang dirilis terlihat masih belum ada pergerakkan yang signifikan.

"Januari 2022 kan waktu itu belum ada pengumuman, sementara mendekati akhir Februari baru diputuskan sehingga dampaknya belum terlihat," ujar pria yang akrab disapa Anton ini beberapa waktu lalu.

"Karena kan customer Indonesia pengin mendapatkan kepastian," imbuhnya.

Meski begitu, Anton optimis diskon pajak dari pemerintah ini akan terasa dampaknya pada Maret 2022 seiring dengan tingginya minat konsumen.

Dibuktikan dengan banyaknya konsumen yang memilih menahan pembelian mobil baru, sampai benar-benar perpanjangan insentif PPnBM 2022 resmi digulirkan.

"Kalau demand (permintaan) atau interest (minat) sangat tinggi, kami dapat banyak sekali telepon, ada yang langsung datang (ke dealer) bertanya mengenai PPnBM ini. Jadi animonya tetap tinggi," tutur Anton lagi.

"Mungkin bocoran sedikit, pada Maret 2022 ini demand dari Toyota Avanza lumayan meningkat. Kira-kira 15 sampai 20 persenan," lanjutnya.

Lebih lanjut, Anton pun berharap insentif PPnBM untuk segmen non-LCGC yang berakhir pada akhir Maret 2022 ini kembali diperpanjang demi mendongkrak penjualan mobil baru di Tanah Air.

Begitu juga untuk kategori LCGC yang akan berakhir pada September 2022 mendatang.

"Harapan kami pemerintah mempertimbangkan lah, karena saya rasa bagaimanapun kondisi pandemi Covid-19 masih belum selesai," papar Anton.

"Jadi, bagaimana bisa mendukung industri otomotif secara lebih tepat, saya rasa insentif PPnBM cara yang lebih baik. Karena langsung bisa dirasakan," pungkasnya.

Baca Juga: Ngidam Toyota Fortuner 2.5 G VNT 2013, Si Hitam Mulus Ini Dilepas Angka Menggiurkan

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa