Sama-Sama Pakai Transmisi CVT, Mana Paling Irit, All New Avanza - Xenia 1.5 Vs New Xpander?

Andhika Arthawijaya - Kamis, 24 Maret 2022 | 23:16 WIB
Ilustrasi Toyota All New Avanza 1.5 G CVT
Toyota
Ilustrasi Toyota All New Avanza 1.5 G CVT

Otomotifnet.com – Kini banyak pabrikan mulai beralih menggunakan transmisi otomatis jenis CVT (Continuous Variable Transmission) untuk mobil keluarga buatannya.

Paling baru adalah Toyota dan Daihatsu yang sebelumnya menggunakan transmisi AT konvensional (torque conventer) pada lom MPV sejuta umat mereka, yakni Avanza dan Xenia, kini pada generasi terbaru (All New) kedua mobil ini diganti jadi CVT, plus penggerak roda depan.

Menyusul Mitsubishi yang juga mengganti transmisi AT konvensional pada Xpander facelift jadi CVT.

Pastinya peralihan ini bukan tanpa alasan, “Transmisi CVT ini banyak kelebihannya. Yaitu selain dari segi akselerasi lebih smooth, juga efisiensi bahan bakarnya jauh lebih baik,” bilang Dimas Aska, Head of Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM), beberapa waktu lalu pada Otomotifnet.

Baca Juga: Mana Lebih Kencang, All New Avanza – Xenia Vs New Xpander Vs Ertiga?

Daihatsu All New Xenia 1.5 R CVT SC ASA saat dijajal Tim Otomotinet.com
F Yosi/Otomotifnet
Daihatsu All New Xenia 1.5 R CVT SC ASA saat dijajal Tim Otomotinet.com

Nah, buat sobat yang sangat konsen dengan efisiensi bahan bakar dan tengah cari mobil keluarga yang irit, silahkan tengok hasil test konsumsi BBM ketiga low MPV yang masuk kategori sejuta umat ini.

Dalam pengetesan konsumsi BBM yang dilakukan oleh Tim OTOMOTIF, untuk pemakaian dalam kota rata-rata speed averagenya bermain di angka 22 – 23 km/jam.

Dengan kondisi lalu lintas lumayan padat di jam kerja. Sedangkan untuk pemakaian luar kota, kami kombinasi antara jalan bebas hambatan (tol) dan jalur biasa, dengan kecepatan rata-rata di angka 50 – 55 km/jam.

Sementara untuk kecepatan konstannya di 100 km/jam, kami ukur di jalan tol dengan kondisi lalu-lintas sepi di malam hari.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa