Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penenggak Pertamax Dibuat Deg-degan, April 2022 Harga Bisa Sentuh Rp 16 Ribu

Ferdian - Sabtu, 26 Maret 2022 | 17:55 WIB
Peningkatan konsumsi BBM di Tol Trans Jawa yang tertinggi adalah produk Pertamax Turbo dan Pertamax
Pertamina
Peningkatan konsumsi BBM di Tol Trans Jawa yang tertinggi adalah produk Pertamax Turbo dan Pertamax

Otomotifnet.com - Pemerintah buka peluang mengerek harga (BBM) beroktan 92 (RON 92) seperti Pertamax jadi Rp 16 ribu per liter pada April 2022.

Hal ini karena harga minyak mentah dunia masih tinggi di atas US$100 per barel.

Menurut Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi, konflik antara Rusia dan Ukraina jadi pemicu utama harga minyak mentah dunia terus meningkat.

Stok minyak mentah dari Rusia dan Kazakhstan terganggu akibat kerusakan pipa Caspian Pipeline Consortium, sehingga pasokan ke Uni Eropa berkurang.

Kenaikan harga minyak mentah dunia tentu juga berpengaruh terhadap harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia crude price (ICP).

ICP tercatat sebesar US$114,55 per barel pada Kamis (24/3). Angkanya melonjak dari rata-rata ICP Februari 2022 yang hanya US$95,7 per barel.

"ICP bulan Maret 2022 masih terpantau tinggi. Sejak akhir tahun 2021, ICP memang merangkak naik, dan makin meningkat sejak akhir Februari saat konflik Ukraina dan Rusia," kata Agung dalam keterangan resmi (25/3/2022).

Kenaikan harga minyak mentah dunia otomatis berdampak pada harga BBM.

Saat ini batas atas harga BBM umum RON92 sebesar Rp14.526 per liter.

"Dengan mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari, maka harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp16 ribu per liter," papar Agung.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa