Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Asal Berangkat, Enggak Mau Kejebak Macet di Tol Saat Mudik, Ini Saran MTI

Ferdian,Muslimin Trisyuliono - Minggu, 24 April 2022 | 16:05 WIB
Ilustrasi kepadatan lalu lintas mudik Lebaran 2022
Korlantas
Ilustrasi kepadatan lalu lintas mudik Lebaran 2022

Otomotifnet.com - Lewat tol jadi pilihan banyak pemudik untuk pulang kampung di Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Melihat hal tersebut, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno, mengimbau pemudik untuk mengatur waktu perjalanan agar tidak terjebak macet.

Karena pilihan pemudik menggunakan jalan tol diprediksi cukup tinggi, terlebih dengan terhubungnya Tol Trans Jawa pada 2018 lalu.

"Setelah terhubung jaringan jalan Tol Trans Jawa 2018. Euforia terjadi, jalan non-tol yang biasanya ramai menjadi lebih lengang beralih memilih jalan tol," ujar Djoko dalam keterangan tertulisnya (23/4/2022).

"Hal ini sampai bahu jalan digunakan untuk beristirahat, karena rest area sudah tidak dapat menampung pemudik untuk istirahat," sambungnya.

Djoko menjelaskan, agar perjalanan bisa lancar saat mudik Lebaran nanti hal pertama yang diperhatikan yakni menghindari perjalanan di waktu puncak arus mudik dan arus balik.

Adapun puncak arus mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan terjadi pada 29 April 2022 atau H-3 sebelum Lebaran dan arus balik 8 Mei 2022 atau H+5 Lebaran.

Lebih lanjut, ia menyarankan pemudik agar menghindari perjalanan di waktu favorit seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa.

Kemudian cek waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lindas dari kepolisan, serta update mengenai informasi lalu lintas melalui channel resmi Jasa Marga seperti aplikasi Travoy, Twitter, Call Center 14080.

Selain itu, Djoko menganjurkan untuk menggunakan fasilitas top up di rest area dan hindari top up di gerbang tol.

Serta tidak berlama-lama di rest area maksimal hanya 30 menit, dan apabila rest area penuh agar menggunakan rest area di lokasi berikutnya.

"Tapi yang harus diperhatikan selama berada di jalan tol adalah jangan sekali-kali beristirahat menggunakan bahu jalan tol, karena keberadaan bahu jalan tol untuk keadaan darurat," pungkasnya.

Baca Juga: Suasana Mudik Mulai Terasa, 153.670 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek H-10 Lebaran

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa