Guyur Rp 14 Triliun, Chery Bakal Bikin Mobil Listrik Sekalian Baterainya di Indonesia

Ferdian - Minggu, 31 Juli 2022 | 08:05 WIB
Mobil listrik Chery EQ1
Rayhan Haikal/GridOto.com
Mobil listrik Chery EQ1

Otomotifnet.com - Mantap, Chery International menyatakan serius untuk membangun basis produksi dan manufaktur di Indonesia, dengan nilai investasi 1 miliar dollar AS atau setara Rp 14,9 triliun.

Pabrikan otomotif asal China ini juga berencana memproduksi sembilan model yang terdiri dari kendaraan listrik murni (pure electric vehicle/EV) dan plug-in hybrid (PHEV).

Adapun untuk kapasitas produksinya disebut mencapai 200 ribu unit per tahun.

Hal tersebut disampaikan oleh Zhang Shengsan, selaku Executive Vice President Chery International saat pemerintah RI melakukan kunjungan ke Beijing, China, yang diwakili Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan pada 25 Juli 2022 lalu.

Menurutnya, pasar Asia Tenggara akan menjadi komponen penting dalam proses internasionalisasi Chery di tahap selanjutnya, terutama Indonesia.

"Indonesia merupakan negara dengan ekonomi dan populasi terbesar di antara sepuluh negara ASEAN yang dianggap strategis dan signifikan memberikan pembuktian dengan sendirinya,” ujar Zhang Shengsan dalam keterangan resmi yang diterima (29/7/2022).

Dalam pertemuan ini, tak hanya membahas mengenai perencanaan pabrik dan mobil listrik, tetapi juga rantai industri baterai kendaraan listrik Chery.

"Indonesia yang kaya akan sumber daya mineral dan memiliki cadangan nikel peringkat pertama di dunia, akan memberikan kontribusi yang sangat bermanfaat bagi pengembangan industri kendaraan energi terbarukan," imbuhnya.

"Chery akan mengembangkan rantai industri terintegrasi secara mendalam termasuk sumber daya mineral, bahan baterai, baterai, dan produksi kendaraan di Indonesia," sebut Zhang Shengsan.

Sebagai informasi, dari sisi penjualan Chery Group diklaim terus menunjukkan tren positif pada semester pertama 2022 dengan membukukan 475 ribu unit.


Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa