Agak Lega, Menteri ESDM Bilang Belum Berencana Naikkan Harga BBM Subsidi

Ferdian - Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Pertamina
Ilustrasi SPBU Pertamina

Otomotifnet.com - Masih agak lega, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif menyatakan, pemerintah belum berencana menaikkan harga BBM bersubsidi.

Menurut Arifin, sampai saat ini pemerintah masih mengevaluasi perkembangan ekonomi global yang jadi penyebab melambungnya harga minyak.

"Belum (ada rencana menaikkan harga BBM subsidi), kita masih mengevaluasi perkembangan," kata Arifin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta (8/8/2022).

Saat ditanya soal pernyataan Presiden Joko Widodo yang kerap menyinggung besarnya subsidi BBM, Arifin menyebut pemerintah berharap ekskalasi global bisa mereda supaya harga minyak kembali turun.

"Kita sih berharap tensi bisa mereda, sehingga nanti bisa, jangan sampai menjadi resesi kemudian pada jatuh, tak ada pertumbuhan," ujar Arifin.

Ia menambahkan, pemerintah kini terus berupaya supaya inflasi tidak tinggi dan menjaga harga di sektor energi dan pangan.

Dalam sejumlah pidatonya dalam beberapa waktu terakhir, Jokowi kerap menyinggung besarnya subsidi yang dikucurkan pemerintah agar harga BBM bersubsidi tidak naik.

Dalam acara doa dan zikir kebangsaan pada Senin (1/8/2022) pekan lalu misalnya, Jokowi menyebut subsidi BBM yang digelontorkan negara mencapai Rp 502 triliun.

"Perlu kita ingat subsidi terhadap BBM sudah terlalu besar dari Rp 170 (triliun) sekarang sudah Rp 502 triliun, negara mana pun tidak akan kuat menyangga subsidi sebesar itu, tapi alhamdulilah kita sampai saat ini masih kuat ini yang perlu kita syukuri," ujar Jokowi.

Menurut Presiden, subsidi BBM yang begitu besar ini tak lepas dari kondisi dunia yang mengalami musibah beruntun.


Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa