Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Naik Harga, Pengusaha Bus Minta Kriteria Penerima Pertalite dan Solar Dipertegas

Ferdian - Selasa, 23 Agustus 2022 | 17:55 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Istimewa
Ilustrasi SPBU Pertamina

Otomotifnet.com - Terkait rencana kenaikan harga Pertalite dan Solar, pengusaha bus buka suara.

Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani mengatakan, pemerintah mestinya tak hanya menaikan harga BBM subsidi saja, melainkan juga mempertegas kriteria penerima BBM subsidi baik pertalite maupun solar.

"Kami berharap pemerintah tidak hanya menaikkan harga BBM tapi juga mempertegas siapa yang layak menggunakan BBM subsidi ini," kata Kurnia saat dihubungi (23/8/2022).

Kurnia menilai, saat ini, masih banyak kendaraan milik pribadi yang menggunakan BBM subsidi.

Oleh karena itu, ia meminta kriteria penerima BBM subsidi harus dipertegas.

"Ini sangat disayangkan, sekali lagi pemerintah harus tegas dan jelas di lapangan siapa yang berhak menggunakan BBM subsidi," ujarnya Kurnia juga mengatakan, kenaikan harga BBM subsidi tentu akan berdampak pada naiknya tarif angkutan umum.

Sebab, katanya, BBM adalah komponen utama dalam operasional.

"Pastilah menjadi beban baru bagi masyarakat terutama pengguna transportasi umum. Dan tentunya kami harus menyesuaikan tarif tiket untuk menyikapi kenaikan harga BBM nantinya," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemungkinan akan mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi Pertalite dan Solar pada pekan depan.

Luhut mengungkapkan, harga BBM subsidi yang saat ini sudah membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga Rp 502 triliun.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa