Mantab, Sirkuit Mandalika Siap Sandang Status Baru Habis WSBK Indonesia

Ferdian,Didit Abdillah - Sabtu, 3 September 2022 | 21:00 WIB
Sambil berbenah jelang WorldSBK Indonesia 2022, sirkuit Mandalika dalam proses homologasi FIA, biar bisa gelar balap mobil Internasional.
Naufal Shafly
Sambil berbenah jelang WorldSBK Indonesia 2022, sirkuit Mandalika dalam proses homologasi FIA, biar bisa gelar balap mobil Internasional.

Otomotifnet.com - Sirkuit Mandalika terpantau melakukan renovasi besar-besaran pada akhir Agustus lalu.

Mandalika Grand Prix Associasion (MGPA) selaku pengelola sirkuit Mandalika melakukan pelebaran run-off yang jadi evaluasi dari Dorna Sports dan FIM usai MotoGP Indonesia 2022 pada Maret lalu.

Pelebaran run-off ini juga untuk meloloskan homologasi untuk FIA, sehingga sirkuit Mandalika bisa menggelar balap mobil internasional.

"Run-off sudah kami kerjakan lebih awal, sehingga bisa dilakukan ujicoba dan pengecekan, karena itu menjadi arahan utama dari FIM," tutur Priandhi Satria, Direktur Utama MGPA.

"Sekarang di awal September, kami fokus pada perbaikan aspal selama satu bulan, sehingga sirkuit Mandalika akan tutup sampai 1 Oktober," lanjutnya kala ditemui.

"Setelah itu kita lanjutkan pada urusan 'kosmetik' atau hiasan baik itu dari warna kerbs, sampai ke sarana-sarana pendukung," Priandhi Satria menambahkan.

Ajang WSBK Indonesia 2022 akan diselenggarakan di Mandalika pada (11-13/11) mendatang.

Setelah itu homologasi untuk FIM juga akan dilanjutkan guna menentukan apakah sirkuit Mandalika layak dan mumpuni untuk kembali menggelar MotoGP Indonesia di 2023.

"Karena untuk saat ini, homologasi dari FIM dan FIA itu hanya satu surat, sehingga bisa dilakukan secara bersamaan," papar Sadikin Aksa, Direktur Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat.

"Meskipun hanya satu surat, homologasinya tetap terpisah dari FIA dan FIM, sehingga nantinya Mandalika bisa menggelar balap mobil dan balap motor berskala internasional juga," tambah Sadikin Aksa.

Mengenai renovasi ini, Sirkuit Mandalika akan bekerjasama dengan Dromo Circuit Design yang memang sudah mafhum dalam melakukan renovasi sirkuit.

Setelah itu bentuk minor dari ubahan layout aspal juga akan menentukan kemiripan racing lline untuk balap motor dan balap mobil.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Dipermak, Siap-siap Buat WSBK Plus Homologasi FIA


Editor : Iday
Sumber : OtoRace.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa