Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Meski Naik, Pertamina Sebut Harga Pertamax Masih Kompetitif

Ferdian - Senin, 5 September 2022 | 12:25 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Ferdian/Otomotifnet
Ilustrasi SPBU Pertamina

Otomotifnet.com - Harga Pertamax disebut Pertamina Patra Niaga paling kompetitif ketimbang produk bahan bakar minyak (BBM) RON 92 lainnya.

Seperti diketahui, Pertamina menaikkan harga pertamax untuk mengikuti perkembangan terkini dan tren dari industri minyak dan gas, terulebih harga minyak dunia.

"Dari segi harga juga tetap dijaga paling kompetitif (Pertamax)," ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting melalui siaran pers, Jakarta (4/9/2022).

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir. Ke depan, harga Pertamax akan terus dievaluasi mengikuti tren harga minyak dunia, ini sudah berlaku ketika kemarin Pertamina mengevaluasi dan menurunkan harga Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex," sambungnya.

Irto mengatakan harga Pertamax tidak disesuaikan secara berkala mengikuti tren ICP dalam beberapa bulan terakhir.

Hal itu membuat harga jual pertamax saat ini punya selisih dengan harga keekonomian.

Adapun harga jual Pertamax ditetapkan Rp 14.500 per liter untuk wilayah DKI Jakarta atau daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) 5 persen.

"Penetapan harga ini sudah sesuai dengan regulasi Kepmen ESDM No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU). Jika dibandingkan dengan seluruh produk RON 92, harga Pertamax masih paling kompetitif," kata Irto.

Ia mengatakan sejak Maret hingga September 2022, sejumlah badan usaha lainnya sudah menaikkan harga BBM RON 92 yang setara Pertamax.

Sedangkan Pertamax baru sekali dilakukan penyesuaian harga pada April 2022.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa