Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lumayan, Sudah 40 Bengkel Daftar Buat Jadi Bengkel Konversi Motor Listrik

Ferdian - Rabu, 21 September 2022 | 16:40 WIB
Biaya ubah motor bensin jadi motor listrik
Isal/GridOto.com
Biaya ubah motor bensin jadi motor listrik

Otomotifnet.com - Setidaknya saat ini sudah ada 40 bengkel umum yang mengajukan pelatihan supaya bisa jadi bengkel konversi kendaraan bermotor listrik.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Jumlah tersebut adalah akumulasi dari semua wilayah dan dipercaya akan terus bertambah seiring dengan sosialisasi, kebijakan pemerintah, serta waktu.

"Kini program motor listrik memang masih dalam skala pilot project. Tapi dalam program pilot project ini pula kita sudah memiliki empat bengkel konversi yang tersertifikasi," katanya dalam keterangan resmi (20/9/2022).

"Kemudian ada 40 bengkel lagi yang mengajukan untuk pelatihan bagaimana bisa melakukan konversi, ini akan terus ditumbuh kembangkan," tambah Arifin.

Arifin mengungkapkan, dengan program terkait, akan menumbuhkan kegiatan ekonomi baru, perakitan yang dilakukan oleh bengkel-bengkel service tentunya akan memerlukan tenaga kerja baru dan perputaran roda ekonomi.

"Bayangkan saja ada 120.000.000 motor kali Rp 10.000.000 itung-itung kurang lebih ada sekitar Rp 10 triliun aktifitas untuk mengkonversi termasuk juga pemasangang-pemasangannya," kata dia lagi.

Adapun program konversi motor BBM ke Listrik adalah tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 terkait dengan Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Selain meningkatkan efisiensi dan konservasi energi melalui peralihan pemakaian BBM menjadi listrik, Program kendaraan bermotor listrik untuk transportasi jalan juga membawa kontribusi besar dalam perbaikan pengelolaan lingkungan.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, dampak mengkonversi 6 juta motor BBM ke listrik akan mampu mengurangi BBM 12,8 juta barel/tahun, penurunan emisi CO2 sebesar 3,9 Juta Ton CO2, dan peningkatan konsumsi listrik sebesar 2,4 TWh/tahun s (SF).

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa