Brandstory

Konten Ini Merupakan Kerjasama Otomotifnet dengan HPM


HPM Otomotifnet

Sabet Gelar Car of The Year 2022, Apa Keistimewaan All New Honda BR-V?

Yussy Maulia - Jumat, 23 September 2022 | 15:00 WIB
All New Honda BR-V.
Dok. Honda
All New Honda BR-V.

Otomotifnet.com – Saat ini, mobil jenis low sport utility vehicle (LSUV) masih menjadi salah satu segmen kendaraan yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan mobil LSUV pada Januari 2022 mencapai 13.009 unit.

Ada banyak alasan mengapa mobil LSUV diminati oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda dari jenis mobil lain.

Mobil LSUV menggabungkan karakter SUV yang tangguh untuk dibawa berpetualang, tetapi memiliki daya tampung yang cukup besar layaknya multipurpose vehicle (MPV).

Baca Juga: Detail Perbedaan Servis Honda HR-V Turbo dan Non Turbo, Ngaruh di Biaya

Keunggulan tersebut dinilai dapat memenuhi kebutuhan konsumen Tanah Air akan kendaraan yang sesuai dengan kontur jalanan di Indonesia yang cukup beragam, serta kebiasaan sebagian masyarakat Indonesia mengandalkan mobil sebagai transportasi untuk melakukan perjalanan bersama keluarga.

Itulah salah satu alasan mobil dengan kapasitas luas seperti LSUV menjadi incaran masyarakat Indonesia.

Belakangan ini, mobil LSUV pun tengah menjadi sorotan. Pasalnya, gelar Car of The Year pada ajang OTOMOTIF Award 2022 dinobatkan kepada mobil LSUV yang baru mengaspal tahun lalu, yaitu All New Honda BR-V.

Sebagai informasi, All New Honda BR-V merupakan generasi terbaru dari Honda BR-V yang dirilis oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada September 2021.

Baca Juga: Cetak Rekor di 2022, Penjualan Retail All New Honda BR-V Tembus Segini

Salah satu juri OTOMOTIF Award 2022 sekaligus Car and Audio Editor Tabloid OTOMOTIF, Andhika Arthawijaya, mengatakan All New Honda BR-V mampu memenuhi seluruh kriteria penilaian untuk dinobatkan sebagai Car of The Year.

“Parameter penilaiannya mulai dari desain, fitur, akomodasi, kenyamanan, handling, performa, konsumsi bahan bakar, hingga harga,” ujar Andhika, dikutip dari laman pemberitaan Otomotifnet, Jumat (1/4/2022).

Menurut Andhika, pencapaian tersebut menjadi bukti bahwa All New Honda BR-V paling unggul di kelasnya, baik dari segi pengalaman berkendara yang ditawarkan maupun value for money.

Mobil tangguh dengan ruang kabin yang luas

Generasi baru Honda BR-V bisa dibilang memiliki karakter SUV yang lebih kuat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Bagian wajah mobil ini tampak lebih gagah berkat posisi kap yang dibuat lebih tinggi.

Baca Juga: Uji Tabrak Honda HR-V dan BR-V 2022 Bikin Takjub, Gondol Semua Bintang

Selain itu, dimensi All New BR-V juga lebih besar dari generasi sebelumnya dengan panjang 4.490 milimeter (mm), lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.685 mm.

All New Honda BR-V juga hadir dengan ground clearance yang lebih tinggi, yakni 220 mm. Sedangkan ground clearance Honda BR-V sebelumnya hanya 201 mm.

HPM juga menyematkan desain light-emitting diode (LED) terbaru pada All New Honda BR-V. Jika generasi sebelumnya menggunakan model lampu halogen, Honda BR-V generasi terbaru dilengkapi dengan LED Daytime Running Light (DRL) yang menyatu dengan grill depan.

Tidak tanggung-tanggung, All New Honda BR-V juga hadir dengan kabin yang lebih luas. Hal itu karena jarak roda depan dan roda belakang kendaraan atau wheelbase dibuat sepanjang 2.700 mm.

LSUV 7-seater ini juga hadir dengan interior yang lebih mewah dan elegan. Kesan itu didapat berkat nuansa kabin yang didominasi oleh warna hitam, serta bahan kulit yang melapisi bagian jok, panel dashboard, setir, shift knob, dan sisi pintu.

Baca Juga: Honda BR-V dan HR-V Dites Uji Tabrak, Sabet Bintang Tertinggi Di ASEAN NCAP

Tampilan interior All New Honda BR-V.
Dok. Honda
Tampilan interior All New Honda BR-V.

Pada bagian dashboard, HPM menyematkan multi-information display (MID) TFT terbaru seluas 4,2 inci. Layar display ini menampilkan berbagai informasi penting untuk pengguna, seperti sisa bahan bakar dan jarak tempuh perjalanan.

Untuk meningkatkan kenyamanan dalam kabin, All New Honda BR-V juga dilengkapi dengan sistem low noise, vibration, and harness (NVH). Sistem ini dapat membantu meredam suara dari luar kabin hingga 60 persen dan mengurangi getaran saat mobil sedang melaju.

LSUV tersebut juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan penumpang pada baris kedua, seperti 2nd Row Seat Armrest dan ruang kaki yang lebih lapang.

Bahkan, kabin All New Honda BR-V juga dilengkapi fitur keamanan tambahan bagi pengendara yang membawa anak kecil, seperti child safety lock untuk mencegah anak dapat membuka pintu kabin dari dalam dan International Standards Organization FIX (ISOFIX) untuk menunjang penggunaan child car seat.

Baca Juga: Sekelebat Mirip, Ini Perbedaan Honda CBR250RR Baru dan Lama

Performa gesit yang didukung kecanggihan Honda SENSING

Sebagai informasi, All New Honda BR-V dibekali mesin i-VTEC generasi baru dengan konfigurasi DOHC. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 dk pada putaran 6.600 rpm dengan torsi maksimal 145 Nm.

Dengan performa tersebut, All New Honda BR-V kuat dan tangguh untuk dibawa berpetualang dan melewati medan yang terjal atau bergelombang.

Sementara pada sistem transmisi, mobil ini menggunakan continuously variable transmission (CVT) untuk mendukung standar emisi EURO4. Sistem transmisi CVT tidak hanya membuat perpindahan gigi terasa lebih halus, tetapi juga dapat mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

Untuk mendukung performa kendaraan yang gesit, All New Honda BR-V juga disematkan berbagai fitur keamanan canggih, salah satunya Honda SENSING. Fitur ini dirancang oleh Honda untuk meningkatkan keamanan bagi pengemudi maupun penumpang.

Baca Juga: Belanja Busi Sampai Filter Oli Honda HR-V 2022, di Bengkel Resmi Murah

Honda SENSING terdiri dari beberapa fitur, salah satunya Lead Car Departure Notification System (LCDN) untuk mendeteksi jarak mobil di depan kendaraan. Fitur ini akan mengingatkan pengemudi jika jarak kendaraan di depan mobil sudah menjauh, seperti saat lampu hijau atau kemacetan sudah terurai.

Selain itu, terdapat juga fitur Collision Mitigation Brake System (CMBS) untuk mendeteksi potensi tabrakan dan memberi peringatan dini, Lane Keeping Assist System (LKAS) untuk menjaga agar mobil tidak keluar dari jalur, dan Road Departure Mitigation (RDM) untuk kendali secara otomatis apabila roda mobil bergerak ke luar jalur.

Tidak ketinggalan, Honda SENSING juga memiliki fitur Adaptive Cruise Control (ACC) untuk menjaga kestabilan kecepatan mobil dan menghentikan mobil secara otomatis apabila kendaraan di depan terdeteksi berhenti secara mendadak, serta fitur Auto-High Beam yang dapat mengganti mode lampu pada headlamp sesuai dengan situasi dan kondisi cahaya di jalanan.

All New Honda BR-V juga telah dilengkapi sistem keamanan kendaraan pada umumnya, seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist (VSA), serta sistem pengereman seperti Antilock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), dan Braking Assist (BA).

Saat ini, All New Honda BR-V hadir dalam empat tipe, yakni All New Honda BR-V tipe S, All New Honda BR-V tipe E, All New Honda BR-V tipe Prestige, dan Honda BR-V Prestige with Honda Sensing.

Untuk harga on the road (OTR) Jakarta, LSUV tersebut dibanderol mulai Rp 281 jutaan sampai Rp 384 jutaan, tergantung tipe dan spesifikasi. Informasi selengkapnya seputar All New Honda BR-V dapat Anda akses melalui laman ini.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa