Kejar Target, Tol Cisumdawu Bakal Beroperasi Penuh Akhir Tahun 2022

Ferdian,Muslimin Trisyuliono - Minggu, 25 September 2022 | 17:40 WIB
Pengerjaan proyek tol Cisumdawu.
Tribunjabar.id/Kiki Andriana
Pengerjaan proyek tol Cisumdawu.

Otomotifnet.com - Pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Provinsi Jawa Barat diminta untuk dipercepat.

Hal ini disampaikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ke Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Ini dikarenakan penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 62 km cukup penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban.

Serta pengembangan ekonomi pada kawasan Pantura Jawa Barat mulai dari Cirebon, Indramayu, Majalengka, hingga Kuningan (Ciayu Majakuning).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendorong kontraktor untuk terus semangat untuk menyelesaikan main road pada semua Seksi 2, 3 dan 4.

"Kita upayakan insya allah bisa selesai dan beroperasi selambatnya Desember 2022. Ini harus diupayakan sekuat tenaga," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya (23/9/2022).

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 5,5 triliun.

Untuk Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km telah beroperasi sejak Januari 2022.

Kemudian Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km progres fisik sudah 94,7 persen tinggal menyelesaikan pekerjaan lereng dan lansekap.

"Pada titik-titik yang memiliki pemandangan bagus bisa ditambahkan parking bay agar masyarakat bisa menikmati pemandangan (sekitar Gunung Tampomas)," kata Basuki.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa