Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bayar Tol Tanpa Sentuh Dicoba Akhir Tahun, Begini Skema Pembayarannya

Ferdian - Rabu, 12 Oktober 2022 | 16:05 WIB
Ilustrasi Gerbang Tol
Tribunmedan.com/Satia
Ilustrasi Gerbang Tol

Otomotifnet.com - Bayar tol tanpa berhenti atau rencananya akan berlaku pada akhir tahun ini.

Jadi nantinya pengguna tol nggak perlu lagi membuka kaca untuk melakukan pembayaran.

Menggunakan sistem server berbasis teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS), pembayaran akan dilakukan secara otomatis melalui aplikasi di smartphone atau ponsel dengan pengenalan data kendaraan lewat satelit.

Agar bisa menggunakan teknologi ini, pengguna jalan tol perlu mengunduh dan mendaftar data pribadi melalui aplikasi Cantas.

Meski pada tahap awal yaitu masa transisi, sebagian gardu tol masih akan menggunakan metode pembayaran E-Toll.

"Setiap kendaraan yang lewat tol akan langsung terdeteksi oleh teknologi itu, dan otomatis saldo e-wallet pengendara akan dipotong oleh sistem tersebut," ucap COO Roatex, Andras Szabo dalam keterangannya.

Ketika penerapannya nanti, setiap kendaraan atau pengguna jalan tol akan diperkenalkan dengan perangkat e-Obu (aplikasi smartphone), On Board Unit (OBU), atau tiket perjalanan (road ticket) bagi yang hanya sekali jalan.

Untuk simulasi, pertama-tama tiap pengendara diberi pilihan ingin membayar dengan perangkat apa dari ketiga model yang disediakan, yakni aplikasi e-Obu, perangkat OBU, atau cara manual dengan membeli tiket perjalanan.

Bila memilih menggunakan ponsel pintar, pengendara perlu mengunduh aplikasi e-Obu yang tersedia di Play Store atau App Store, mengisi data diri mulai dari nama, nomor handphone (HP), alamat e-mail, e-wallet yang akan digunakan.

Setelah itu, akan muncul konfirmasi persetujuan registrasi tersebut.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa