Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kartu E-Toll Tinggal Kenangan, Bayar Tol Pakai Smartphone Dicoba Akhir Tahun

Ferdian - Sabtu, 8 Oktober 2022 | 15:20 WIB
Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama
Jasa Marga
Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama

Otomotifnet.com - Kartu E-Toll nantinya akan jadi kenangan, uji coba pembayaran tol tanpa berhenti akan diuji coba akhir tahun ini.

Ini karena smartphone jadi alat pembayaran di tiap-tiap gerbang tol.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memastikan uji coba pembayaran tol multi lane free flow (MLFF) akan dilakukan pada Desember 2022.

Kasubbid Operasi dan Pemeliharaan Bidang OP. Set. BPJT Galuh Permana Waluyo mengatakan, proses pembayaran tol MLFF tanpa berhenti ini pakai teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS).

Pembayaran masuk tol dengan teknologi ini, dilakukan menggunakan aplikasi khusus jalan tol yang bisa diakses melalui smartphone.

"Teknologi ini bisa uji coba di Desember akhir tahun, implementasi Maret tapi kita enggak mulai semua ruas tol, dikaji dulu ruasnya ini bergantung teknologi dan masyarakatnya juga," kata Galuh dalam diskusi secara virtual bertajuk "Implementasi Teknologi MLFF di Jalan Tol (7/10/2022).

Galuh mengatakan, program pembayaran tol MLFF ini menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dana Badan Usaha (KPBU) yaitu melibatkan PT Roatex Indonesia Till System (RITS).

Perusahaan asal Hungaria ini siap menginvestasikan dana sebesar Rp 4,4 triliun.

"Perusahaan yang berpengalaman di Hungaria, mereka sudah menggunakan teknologi GNSS di sana terhubung juga dengan Uni Eropa lainnya rata-rata penggunaan teknologi ini ada di Eropa," ujarnya.

Lebih lanjut, Galuh mengatakan penggunaan teknologi ini menjadi tantangan berat lantaran masyarakat sudah terbiasa menggunakan uang elektronik untuk membayar tol.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa