Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mantap, Ada Wacana Mobil Listrik Dapat Korting Biaya Tol dan Gratis Parkir

Ferdian - Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:15 WIB
Ilustrasi jalan tol
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi jalan tol

Otomotifnet.com - Ada usulan kendaraan listrik mendapat intensif saat lewat jalan tol dan parkir.

Hal ini disampaikan Kemenhub dalam rangka mempercepat tren kendaraan listrik di Indonesia.

Direktur Sarana Transportasi Darat Kementerian Kemenhub Danto Restyawan, yang mengatakan, sudah berkirim surat dengan beberapa pihak terkait mengenai wacana ini.

"Ada keringanan buat biaya jalan tol dan dan keringanan parkir. Parkir kalau bisa gratis buat kendaraan listrik. Jadi itu salah satu untuk memicu orang untuk segera memakai kendaraan listrik," kata Danto usai seminar di IEMS 2022, akhir pekan lalu.

"Seluruh tol. Kami baru bersurat dan belum dirapatkan. Kalau bisa seluruhnya, karena kendaraan listrik seharusnya seluruh Indonesia, massif ya," katanya.

Tahun lalu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan 3 juta unit populasi kendaraan listrik di Indonesia pada 2030.

Target itu sejalan dengan komitmen Tanah Air untuk menurunkan emisi CO2 hingga 41 persen dalam periode sama.

Dengan asumsi itu tingkat CO2 bakal turun hingga 4,6 juta ton.

Untuk mempercepat tren tersebut, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo belum lama ini juga telah mengeluarkan instruksi yang meminta kendaraan dinas pemerintahan, baik pusat dan daerah, mulai menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai.

Hal itu diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Listrik (Battery Electic Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kenadaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas instansi pemerintah pusat dan daeah dapat dilakukan lewat skema pembelian, sewa, maupun konversi kendaraan bermotor bakar.

Baca Juga: Mobil Listrik Kebal Ganjil Genap di Jakarta, Mesin Hybrid Enggak Termasuk

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/05/090200215/kendaraan-listrik-diusulkan-dapat-keringanan-tol-dan-parkir

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa