Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Usung Sistem Multi-mode Hybrid, Begini Cara Kerja Dua Mesin Almaz Hybrid

Andhika Arthawijaya - Kamis, 3 November 2022 | 23:15 WIB
Wuling Almaz Hybrid
Andhika Arthawijaya/Otomotifnet
Wuling Almaz Hybrid

Otomotifnet.com Wuling Almaz Hybrid yang baru saja diluncurkan (3/11/2022) di Jakarta International E-prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta, memang secara teknis mengusung jenis pararel hybrid.

Yakni dua mesinnya yang terdiri dari mesin pembakaran dalam dan motor listrik, bekerja secara bergantian menggerakkan roda.

Seperti sudah diinfokan sebelumnya, Almaz Hybrid menggunakan mesin bensin siklus Atkinson berkapasitas 2.0 liter, yang punya daya maksimum 123 dk dan torsi 168 Nm

Sementara motor listriknya punya kekuatan hingga 174 dk dengan torsi puncak mencapai 320 Nm, yang setrumnya disuplai dari baterai lithium-ion berdaya 1,8 kWh.

Baca Juga: Meski Berbasis Almaz RS, Ini Beberapa Perbedaan Pada Almaz Hybrid

Namun meski bekerja secara bergantian, “Motor listrik Wuling Almaz Hybrid ini bisa dibilang sebagai penggerak utamanya,” beber Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors saat peluncuran Almaz RS di JIEC, Ancol (3/11/2022).

Dengan kata lain ketika kondisi baterai mencukupi dan kecepatan kendaraan konstan, yang bekerja menggerakkan roda depan hanya motor listriknya saja.

“Mesin bensinnya hanya bekerja ketika daya baterai berkurang banyak, atau saat dibutuhkan pada akselerasi tinggi,” terang Danang.

Jadi saat akselerasi tinggi atau cepat, lanjut Danang, otaknya si mobil akan menghitung mana yang lebih efisien menggerakkan roda.

Almaz Hybrid dipersenjatai mesin bensin siklus Atkinson berkapaistas 2.000 cc dan sebuah motor listrik berdaya 174 hp dan torsi 320 Nm
Andhika Arthawijaya/Otomotifnet
Almaz Hybrid dipersenjatai mesin bensin siklus Atkinson berkapaistas 2.000 cc dan sebuah motor listrik berdaya 174 hp dan torsi 320 Nm

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa